KATEGORI


Arsip Berita

Warga Yogyakarta Ikuti Deklarasi “Indonesia Tanpa Hoax”

12 Februari 2018

YOGYAKARTA (11/02/2018) jogjaprov.go.id – Sekitar 1.000 warga Yogyakarta berpartisipasi dalam deklarasi “Indonesia Tanpa Hoax” agar bermedia sosial secara bijak. Deklarasi ini bagian dari acara yang bertajuk “Harmoni Indonesia” yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia dengan Penggerak Budaya Nusantara pada Sabtu (10/02) pagi di Alun-alun Lor Yogyakarta.Acara tersebut sebagai salah satu bentuk sosialisasi ke masyarakat untuk lebih bijak dalam menerima, mengolah, dan menyampaikan informasi secara luas melalui jejaring internet.

“Sangat penting acara seperti ini karena Indonesia sedang dilanda tsunami media sosial, ini harus dipakai untuk hal-hal positif dan pada kenyataannya saat ini masih digunakan untuk hal negatif, seperti informasi hoax. Ada juga hoax yang menyebar di media online dan situs. Ini harus diperangi bersama karena isinya banyak fitnah dan adu domba. Pahadal kita masyarakat butuh ketenangan. Apalagi mau masuk tahun politik.” ujar Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Dalam hal ini, Rudiantara menegaskan pentingnya literasi dalam mengedukasi masyarakat mengenai tata cara teknis menggunakan media sosial, seperti dalam memilah informasi yang benar. “Kadang-kadang masyarakat tidak berniat menyebar hoax, namun ketidaktahuan masyarakat mengenai dan cara menggunakan media sosial akhirnya tersebarlah berita tidak benar.”, imbuh Menkominfo. 

“Kami masyarakat Indonesia bersama-sama menolak segala bentuk pemberitaan yang hoax dan mengandung unsur kebencian. Kami masyarakat Indonesia bersama-sama menyatakan cinta damai, mendambakan aman, nyaman, dan sejahtera.” bunyi deklarasi yang disampaikan seluruh warga Yogyakarta yang hadir dan juga para tamu undangan.

Untuk mendukung deklarasi ini diperlukan kesatuan semua elemen yang terdiri pemerintah, masyarakat, dan juga organisasi. Selain itu, Menteri Kominfo RI menyampaikan terima kasih kepada media cetak, media online, televisi, radio, pegiat sosial, dan masyarakat yang sangat berarti untuk meningkatkan literasi di masyarakat. 

Acara “Harmoni Indonesia” turut dimeriahkan “Pentas Kirab Budaya Nusantara” dari rombongan Wiro Tamtomo dan Langen Sari dari Panggungharjo, Sewon, Bantul, Kalipakis Ambar Binangun PSHT dari Yogyakarta, serta Jatilan dari Sewon, Bantul. Kemudian, acara ini ditutup dengan do’a sholawatan. (rk)