Gubernur berharap Penderita Demam Berdarah DIY Menurun

Tanggal Rilis :
Selasa, 14 Februari 2017
Penulis Artikel :
Sukarmi
Fotografer :
Ipung
Lokasi :
UGM

 Kunjungi “Peternakan Nyamuk”, Gubernur berharap Penderita Demam Berdarah DIY Menurun

YOGYAKARTA ( 14/02/2017) jogjaprov.go.id- Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengunjungi “peternakan nyamuk” pada Selasa (14/02) di Kantor Penelitian Eliminate Dengue Project (EDP) Yogyakarta, Insektari, Sekip Blok N 14, Kampus UGM. Beliau mendukung perluasan riset  Aedes Aegypti ber-Wolbachia karena penelitian tersebut bertujuan untuk mengurangi beban penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Yogyakarta. Dan penelitian EDP- Yogya ini dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran UGM, dengan dukungan Yayasan Tahija dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Sesampainya di sana, tim EDP mengajak Gubernur berkeliling rumah riset dan mendapatkan penjelasan insektarium EDP-Yogya oleh Warsito Tantowijoyo, PhD.

Kemudian dimulai presentasi dan diskusi penelitian pengembangan teknologi nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia, oleh Prof. dr. Adi Utarini, MSc, MPH, PhD kepada Gubernur dan tamu undangan.

Adi Utarini menjelaskan, saat ini EDP-Yogya tengah memasuki fase ke-3 penelitian yang bertujuan untuk membuktikan dampak Wolbachia pada penurunan dengue. Tahap ini direncanakan akan dilakukan hingga tahun 2019 nanti.

Data dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menunjukkan bawa angka kasus di Kota Yogyakarta pada tahun 2016 mencapai 1.706 kasus dan 13 diantaranya berakhir dengan kematian. Menurut Adi Utarini, tealah dilakukan proses pembagian wilayah penelitian secara acak di Balai Kota Yogyakarta. Tujuan pengacakan adalah untuk menentukan wilayah yang akan dititipi ember telur nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia dan yang dijadikan wilayah pembanding.

Dalam hal ini, Gubernur DIY berharap dengan adanya Laboratorium ini, semoga penderita demam berdarah di DIY menurun dan masyarakat sehat & sejahtera.

Setelah presentasi dan diskusi usai, kunjungan dilanjutkan ke Laboratorium Diagnostik EDP-Yogya di Gedung Radioputro Lt. 2, Fakultas Kedokteran UGM.(st/***)

HUMAS DIY

 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN