Penganugrahan Hamengku Buwono IX dalam rangka Dies Natalis ke-67 UGM

Tanggal Rilis :
Sabtu, 31 Desember 2016
Penulis Artikel :
Sukarmi
Lokasi :

YOGYAKARTA (30/12/2016) jogjaprov.go.id – Pemberian penghargaan anugerah Hamengku Buwono IX diberikan kepada Retno Lestari Priansari Marsudi selaku Menteri Luar Negeri RI dalam rangka Dies Natalis ke-67 Universitas Gadjah Mada. Acara ini dilaksanakan di Bangsal Sri Manganti Kraton Yogyakarta, Jumat (30/12).

Gubernur DIY, Sri Sultan Hemengku Buwono X dalam sambutannya menyampaikan bahwa, penghargaan anugerah Hamengku Buwono IX yang diberikan kepada Retno LP Marsudi selaku Menteri Luar Negeri dikarenakan Retno dinilai sebagai tokoh yang memiliki komitmen kuat untuk kepentingan kemanusiaan dan memajukan perdamaian dunia,

Lebih lanjut, Gubernur DIY pun menambahkan bahwa, selain gigih melindungi dan membela warga negara Indonesia (WNI) yang berada diluar negeri, Menteri Luar Negeri perempuan pertama di Indonesia ini juga memperjuangkan kemanusiaan masyarakat dunia, seperti masyarakat etnis Rohingya di Myanmar.Sri Sultan Hamengku Buwono X pun berharap bahwa penganugerahan yang diberikan kepada Retno dikarenakan  Retno dirasa dapat melanjutkan perjuangan Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM),  Dwikorita Karnawati dalam laporannya menyatakan bahwa Penganugerahan yang telah dilaksanakan sebanyak 17 kali ini diberikan kepada warga Indonesia yang menunjukkan dedikasi dan prestasi luar biasa dalam melanjutkan cita-cita Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Penghargaan Penganugerahan ini berasal dari persetujuan Sri Sultan Hamengku Buwono X yang mengabadikan nama Sultan Hamengku Buwono IX.

Penganugerahan Hamengku Buwono IX yang diberikan kepada Mentri Luar Negeri, Retno ini pun didasarkan pada pertimbangan atas jasanya di bidang kemanusiaan dalam hal diplomasi dalam rangka penegakan Kedaulatan Negara Kesatuan RI dan perlindungan terhadap WNI terutama yang berada diluar tanah air.

Sementara, Retno Lestari Priansari Marsudi selaku Menteri Luar Negeri RI mengatakan bahwa dia sangat berterimakasih atas anugerah yang telah diberikan. Penghargaan dan penghormataan tersebut pun akan dibagi dan Retno berikan kepada seluruh diplomat Indonesa yang tanpa lelah terus berjuang untuk memenuhi kepentingan Indonesia di luar negeri. Retno pun berharap penganugerahan ini mampu menjadi pendorong bagi dirinya sendiri dan para diplomat Indonesia agar dapat bekerja lebih baik lagi.

Menteri Luar Negeri pun berusaha untuk memperbaiki pelayanan kepada WNI. Politik di luar Negeri juga diharapkan dapat dilakukan secara lentur. Karena harus disesuaikan dengan tuntutan dan tantangan yang dihadapi. Tetapi, kelenturan tidak boleh mengorbankan prinsip-prinsip yang telah ada dan di hormati.

Turut hadir Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),Perwakilan Forum Koordinasi pimpinan daerah, Wakil Rektor UGM dan Dekan UGM. (rsy)

HUMAS DIY

 

 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN