Profil Sektoral Pertanian

Tanggal Rilis :
Kamis, 02 Desember 2010
Penulis Artikel :
Administrator
Lokasi :

 

  1. Tanaman Pangan

Tanaman pangan meliputi komoditas padi, palawija serta holtikultura. Tanaman palawija terdiri dari komoditas jagung, ketela pohon, ketela rambat, kacang

tanah, kacang kedelai serta kacang hijau. Adapun holtikultura terdiri dari komoditas sayur-sayuran, buah-buahan serta tanaman hias.

  1. Perkebunan

    Dari segi produksi, tanaman perkebunan yang cukup potensial di DIY adalah kelapa dan tebu. Pada tahun 2007 produksi masing-masing komoditas mencapai 58.891 ton (naik 6,85 persen) dan 15.785 ton (naik 27,51 persen)

  2. Kehutanan

    DIY memiliki kawasan hutan yang terkonsentrasi di kabupaten Gunungkidul seluas 79,59 persen dari keseluruhan 18.710 ha. Sebagian besar dari kawasan hutan tersebut merupakan hutan produksi, hutan lindung dan hutan konversi.

  3. Peternakan

    Populasi ternakdi DIY yang dominan adalah kambing, sapi dan domba. Adapun populasi unggas nya adalah ayam kampung, ayam pedaging dan itik.

  4. Perikanan

    Data perikanan tahun 2007 di DIY mencatat bahwa produksi perikanan mencapai 15.007,7 ton. Sebagian besar dari total produksi perikanan tersebut merupakan hasil budidaya perikanan darat dan selebihnya adalah hasil perikanan laut.

 

 

 

 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN