Wagub DIY Hadiri Pembukaan International Physics Olympiad (IPho)

Tanggal Rilis :
Senin, 17 Juli 2017
Penulis Artikel :
Sukarmi
Lokasi :

 

 YOGYAKARTA (17/7/2017).Jogjaprov.go.id.-  – Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Paku Alam X memberi sambutan dalam acara Pembukaan International Psysics Olympiad (IPhO) ke 48 di The Sahid Hotel Yogyakarta pada Senin, 17 Juli 2017. Dalam acara tersebut turut hadir pula perwakilan Mendikbud RI, Anggota Komisi 10 DPR RI, Ketua DPRD Yogyakarta, Direktur Jenderal IPho, President of IPhO, dan Rektor-rektor dari Perguruan Tinggi di Yogyakarta. Ini kali kedua Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah setelah sebelumnya pada 2002 digelar di Nusa Dua Bali.

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X berharap adanya olimpiade fisika ini menjadi upaya untuk meningkatkan potensi generasi muda khususnya siswa SMA untuk dapat mencapai prestasi di kacah Internasional serta dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya fisika melalui pembelajaran kreatif dan menyenangkan bagi peserta didik. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mendukung sepenuhnya atas pelaksanaan IPhO 2017 di Yogyakarta ini.

IPhO adalah ajang olimpiade sains tertua dan terbesar setelah olimpiade matematika yang mempertandingkan bidang fisika untuk siswa SMA. Olimpiade Internasional ini diikuti dengan jumlah peserta sebanyak 395 siswa dari 86 negara dari berbagai benua. Adapun peserta yang mengikuti olimpiade ini berasal dari Amerika Barat, Eropa Barat, Eropa Timur, Timur Tengah, Asia Barat, Asia Timur, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Kamsul Abraha selaku chairman of the 48th organizing committee mengungkapkan untuk memperkenalkan budaya dan wisata yang ada di Indonesia maka seluruh peserta akan di diajak melihat Fenomena Gunung Merapi sebagai gunung yang teraktif di dunia. Disamping itu akan ada kuliah umum yang diisi oleh BJ. Habibie tentang perkembangan industri kedirgantaraan di Indonesia. Olimpiade ini akan berlangsung dari tanggal 17-23 Juli di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pembukaan secara resmi IPhO ditandai  dengan pemutaran roda sepeda yang mengalirkan listrik menjadi lampu yang menyala oleh Hamid Muhammad Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah RI didampingi Wakil Gubernur DIY Paku Alam X.(ans)

HUMAS DIY

 

 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN