AMY Peringati Dies Natalis ke-52

Tanggal Rilis :
Minggu, 09 Oktober 2016
Penulis Artikel :
sukarmi
Fotografer :
Siswanto
Lokasi :

YOGYAKARTA.(9/10/2016).jogjaprov.go.id – Adalah fakta bahwa Indonesia merupakan negara maritim dan kebutuhan jasa transportasi laut dewasa ini sangat penting mengingat pengiriman barang melalui laut masih menjadi alternatif sarana interkonektivitas yang paling efisien, efektif dan murah dari segi biaya.

Maka selayaknya aspek maritim mendapat perhatian yang lebih dan diharapkan dapat memberi manfaat dan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa. 

Peningkatan kualitas SDM di bidang kemaritiman pun menjadi hal yang tak dapat terelakkan. Tubagus H.R, selaku Asisten Deputi Pendidikan dan Pelatihan Maritim Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman, menyatakan bahwa pada tahun 2019, diperkirakan kebutuhan pelaut dalam negeri mencapai 64.897 orang dan pelaut luar negeri 93.478 orang serta SDM kepelabuhan diperlukan sebanyak 6.630 orang untuk pelabuhan umum, terminal khusus dan untuk mengantisipasi pembangunan 24 pelabuhan di Indonesia.

Akademi Maritim Yogyakarta (AMY), hadir sebagai salah satu perguruan tinggi maritim yang mempunyai visi untuk menghasilkan lulusan di bidang maritim yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hari ini (8/10) AMY memperingati Dies Natalis Yang ke-52 dan sekaligus melakukan upacara pelepasan 92 orang perwira maritim, peletakan batu pertama pembangunan Gedung Baruna dan peresmian Laboratorium Simulator.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X bertindak sebagai Inspektur Upacara. Ada 3 hal yang disampaikan Gubernur DIY dalam amanatnya, yaitu agar para alumni, dengan berbekal logos (akal budi)  yang diperoleh dalam studi di AMY ini harus memacu etos (kerja keras, disiplin, pantang menyerah) untuk meningkatkan keunggulan pribadi menuju sukses profesi guna naik ke puncak karir. Dan hendaknya dengan modal logos dan etos itu dapat membuka mitos bahwa lautan bukan sebagai tempat yang berbahaya, tetapi sebagai kunci pembuka rahasia potensi kekayaan bahari yang tak terkira.

Kemudian dengan diresmikannya Laboratorium Simulator dan setelah selesainya pembangunan gedung Baruna nanti diharapkan sarana dan prasarana ini dapat lebih meningkatkan mutu pendidikan di AMY, dan pada akhirnya akan dapat menarik minat lebih banyak kaum muda untuk menempuh studi di bidang maritim dan kelautan. Dampaknya adalah meningkatnya jumlah dan mutu SDM kemaritiman dan kelautan yang memang dibutuhkan untuk membangun Indonesia sebagai negara maritim dunia.

Yang juga tak kalah penting, Gubernur DIY berharap agar AMY dapat membuat masterplan akademik yang pas, benar-benar berbasis maritim sehingga kehadiran AMY mampu menjadi driving – force percepatan kembalinya budaya bahari yang telah hilang dari bumi pertiwi nusantara ini.

Dalam upacara ini juga dilakukan penyerahan Certificate Of Competence Aprroval dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kepada Direktur AMY. Upacara ditutup dengan persembahan display drumband dan pelemparan topi oleh para alumni.

Usai upacara pelepasan, Gubernur DIY, Danlanal dan Bupati Sleman berkesempatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Baruna. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian Laboratorium Simulator.

Acara ini juga dihadiri oleh Danlanal, Kepala Kopertis Wilayah V, Bupati Sleman, Bupati Gunungkidul, segenap tamu undangan, dan orangtua/keluarga dari wisudawan/wisudawati AMY. (nier)

HUMAS DIY.

 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN