Pasar Ekologis Pertama di Indonesia Diresmikan Menteri LHK RI

Tanggal Rilis :
Rabu, 19 April 2017
Penulis Artikel :
Sukarmi
Fotografer :
Sis
Lokasi :
Gari Wonosari Gunungkidul

GUNUNGKIDUL.(20/04/2017).jogjaprov.go.id – Presiden Jokowi telah menginstruksikan secara langsung bahwa pertambangan rakyat perlu untuk ditertibkan dan lokasi yang menjadi bekas pertambangannya harus direklamasi. Maka Menteri Lingkungan Hidup, dan Kehutanan RI, Dr. Ir Siti Nurbaya, MSc ketika meresmikan Pasar Ekologis Argowijil di Desa Gari Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul DIY pada Selasa (18/04) sungguh mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pemkab Gunungkidul, yang telah mampu mengubah bekas lahan pertambangan rakyat batu gamping di Desa Gari tersebut.

Dirjen Pengendalian Pencemaran & Kerusakan Lingkungan Kementrian LHK dalam laporannya menyampaikan bahwa Pasar Argowijil, berdiri di atas lahan bekas pertambangan batu gamping seluas 7000 m2. Keistimewaan dari pasar ini, yaitu menjual produk-produk yang ramah lingkungan, bekerja sama dengan Disperindag Kabupaten Gunungkidul dan pasar ini berstatus BUMDes yang dikelola oleh para pemuda Desa Gari. dan sebanyak 70 orang warga telah mendaftarkan diri untuk berdagang di pasar ini.

Lebih lanjut Bupati Gunung Kidul, Hj Badingah menjelaskan bahwa Pasar Argowijil layak disebut sebagai Pasar Ekologis karena merupakan wujud nyata pemulihan dan pemanfaatan lahan bekas pertambangan secara konstruktif serta sekaligus menetapkan lingkungan hidup sebagai basis pembangunannya.

Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X berharap agar keberadaan pasar baru dapat memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat sekitar, dan dapat terpelihara kebersihannya. Selanjutnya, mengingat pasar ini berada di salah satu akses jalan menuju Gua Pindul, maka Gubernur DIY meminta pada pihak-pihak terkait agar menyediakan sarana prasarana pendukung, agar pasar ini dapat hidup sampai malam dan dapat menjadi tempat singgah wisatawan yang berkunjung ke Gua Pindul. Sehingga diperlukan strategi pemasaran yang baik untuk dapat menjaga keberlangsungan pasar ini.

Usai meresmikan secara langsung Pasar Ekologis Argowijil, Menteri LHK didampingi Gubernur DIY, melakukan penanaman pohon dan peninjauan kondisi pasar.

Turut hadir pula dalam acara peresmian tersebut, Vice President Pertamina dan Forkopimda Kabupaten Gunung Kidul. (nir)

TIM HUMAS DIY.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN