Paskibraka, PPAN & KPN Penting Untuk Membangun Softskill Generasi Muda

Tanggal Rilis :
Jumat, 14 Juli 2017
Penulis Artikel :
Sukarmi
Fotografer :
Ihan
Lokasi :

YOGYAKARTA. (14/07/2017).Jogjaprov.go.id – “Dadi uwong ki ojo kagetan dan gumunan”. Ungkapan tersebut diucapkan Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X ketika menemui rombongan pelajar SMA dan pemuda DIY yang akan mengikuti pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dan kegiatan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) tahun 2017 di Gedhong Pareanom Kepatihan Yogyakarta pada Jumat (14/07).

Ungkapan tersebut disampaikan oleh Wagub DIY untuk menjelaskan bahwa penting bagi para generasi muda mengikuti kegiatan yang sifatnya membangun softskill (pembentukan karakter) dan networking, seperti paskibraka, pertukaran pemuda dan sebagainya. Karena hal tersebut berpengaruh dalam melatih dan mengasah sisi kepemimpinan. “Selama anak-anak muda masih suka dengan kegiatan yang bersifat character building,maka Indonesia tidak akan pernah kekurangan pemimpin. Karena leader was born tetapi leadership harus dipelajari”, ucap Paku Alam X.

Lebih lanjut Paku Alam X berpesan agar setelah mendapatkan bekal kepemimpinan, kaum muda dapat menjadi pelopor dalam perubahan dan mempunyai empati yang lebih besar terhadap kondisi yang terjadi di dalam masyarakat.

Ir Edi Wahyudi, Kepala BPO Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, menjelaskan bahwa pada tahun 2017, DIY mengirimkan dua orang pelajar SMU untuk mengikuti pelatihan Paskibraka, yaitu Aldian Fahrialam (SMAN 1 Yogyakarta) dan Afifah Salma Viadani Ananda (SMAN 1 Semanu Gunungkidul). Peserta Paskibraka akan mulai pelatihan di PPON (Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional) pada tanggal 22 Juli 2017.

Selain itu, Dinas Dikpora DIY pun mengirimkan lima orang pemuda DIY untuk mengikuti PPAN dengan tujuan Malaysia, India, dan Tiongkok serta Kapal Pemuda ASEAN-Jepang akan diberangkatkan dengan jadwal yang berbeda. Tiga orang pemuda DIY juga akan diikutsertakan pada program KPN-Sail Sabang Banda Aceh yang akan diberangkatkan pada bulan Oktober 2017.

 

TIM HUMAS DIY.

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN