Samsat Desa : Inovasi Layanan Kesamsatan

Tanggal Rilis :
Rabu, 19 April 2017
Penulis Artikel :
Sukarmi
Fotografer :
Sis
Lokasi :
Pakembinangun Pakem Sleman

SLEMAN. (19/04/2017).jogjaprov.go.id – Di era dimana pemerintah harus memberikan pelayanan publik secara mudah dan cepat kepada masyarakat, maka inovasi menjadi sesuatu yang mutlak harus dilakukan. Demikian halnya dengan pelayanan di bidang kesamsatan, Polri dalam hal ini Polda DIY, bekerjasama dengan DPPKA DIY, PT Jasa Raharja dan Bank BPD, setelah sebelumnya meluncurkan layanan e-samsat, kemarin Selasa, (18/04) kembali meluncurkan layanan berupa Samsat Desa.

Samsat Desa merupakan layanan pengesahan tahunan STNKB berupa pembayaran pajak kendaraan bermotor yang pelaksanaannya pada Kantor Kelurahan untuk tingkat kotamadya dan Balai Desa untuk tingkat Kabupaten. Layanan ini memprioritaskan Kelurahan yang jauh dari Kantor Pelayanan Samsat Induk

DIY, menjadi provinsi pertama di Indonesia yang dijadikan pilot project pembentukan Samsat Desa. Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Latif Usman SIK, M.Hum melaporkan bahwa Saat ini, Samsat Desa telah terbentuk di 9 lokasi, yang pelaksanaannya terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama, bulan April 2017 berjumlah 5 Samsat Desa. Tahap ke-2 bulan Oktober 2017 berjumlah 4 Samsat Desa.

Samsat Desa yang terbentuk yaitu : Tahap I wilayah Kota Yogyakarta, mencakup Kelurahan Keparakan, Kelurahan Brontokusuman, Kelurahan Suryodiningratan, Kelurahan Mantrijeron.

Untuk Kabupaten Sleman Tahap I Desa Pakembinangun Kecamatan Pakem, yang mencakup Desa Candibinangun, Desa Hargobinangun, Desa Purwobinangun, dan Kecamatan Turi. Tahap II Kabupaten Sleman yaitu Desa Sumberagung Kecamatan Moyudan yang mencakup wilayah Desa Sumberarum, Desa Sumber Rahayu, Desa Sumber Sari dan Kecamatan Minggir.

Sementara untuk wilayah Kabupaten Bantul Tahap I, Desa Sidomulyo Kecamatan Bambanglipuro yang mencakup wilayah Desa Sumber Mulyo, Desa Mulyodadi Kecamatan Pundong. Kabupaten Bantul Tahap II Desa Imogiri Kecamatan Imogiri, yang mencakup wilayah Desa Girirejo Selopamioro, Sriharjo, Wukirsari dan Kecamatan Dlingo.

Wilayah Kabupaten Gunungkidul Tahap I meliputi Desa Semugih Kecamatan Rongkop, yang mencakup wilayah Desa Gohol, Pucang Anom, Pring Ombo, Lindur, Balong dan Kecamatan Girisubo. Tahap II Gunungkidul, Desa Hargomulyo Kecamatan Gedangsari yang mencakup wilayah Desa Martelu, Ngalang, Sampang, Tegalrejo, Serut, Watugajah dan Kecamatan Nglipar.

Wilayah Kabupaten Kulon Progo Tahap I Desa Paliyan, Kecamatan Temon yang mencakup wilayah Desa Sidutan, Glagah, Plumbon, Hargowilis, Kedundong dan Kecamatan Kokap. Tahap II Desa Banjar Arum Kecamatan Kalibawang, yang mencakup wilayah Desa Banjar Rojo, Banjarharjo, Banjar Sari, Sidoarjo, Guru Harjo dan Kecamatan Samigulih.

Sebelum meresmikan secara langsung layanan Samsat Desa se-DIY, Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X berpesan agar para petugas di Samsat Desa dapat melayani masyarakat dengan santun, dan dapat pula membangun komunikasi yang baik dengan warga. Para petugas diharapkan juga dapat membantu masyarakat yang mengalami kesulitan.

Pemukulan Bende oleh Gubernur DIY menandai diresmikannya Samsat Desa se-DIY yang dipusatkan di Samsat Desa Pakembinangun, yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan konter pelayanan dan Mobil ATM BPD DIY.

Turut hadir pula dalam acara yang bertempat di Kelurahan Pakembinangun ini Kakorlantas Polri, Kapolda DIY, Direktur PT Jasa Raharja Yogyakarta, Direktur Utama PT Bank BPD DIY, dan Bupati Sleman. (nir)

TIM HUMAS DIY.

 

 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN