Jogja Siap Sambut Warga dan Wisatawan Selama Libur Lebaran

Tanggal Rilis :
Senin, 19 Juni 2017
Penulis Artikel :
Sukarmi
Fotografer :
Karna
Lokasi :
Ndalem Ageng, Kepatihan

Yogyakarta (19/06/2017) jogjaprov.go.id – Idul Fitri akan tiba dalam hitungan hari. Berbagai persiapan dilakukan agar selama libur sebelum dan sesudah hari suci ini berlangsung dengan hidmat dan lancar. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau juga dikenal dengan Jogja pun bersiap menyambut warganya yang kembali dari perantauan, ataupun datang sebagai wisatawan. 

Senin (19/06) pagi ini, Gubernur DIY Sri Sultan HB X memimpin langsung rapat koordinasi bersama berbagai pengampu kewenangan yang ada di DIY. Dalam kesempatan ini, setiap elemen dimintai keterangan tentang persiapan menghadapi masa lebaran.

Kapolda DIY mengawali paparan dengan menjelaskan tiga hal utama penyelenggaraan operasi kepolisian dengan nama “Operasi Ramadniya Progo 2017”. Ketiga hal yang akan diprioritaskan oleh Polda DIY adalah operasi yang berkaitan dengan stabilitas harga barang, menjaga kondisi keamanan wilayah, dan melakukan pengamanan agar arus mudik/balik berlangsung lancar, tertib, dan tentunya selamat.

Selanjutnya Plt. Kepala Dinas Perhubungan DIY menjelaskan persiapan-persiapan yang dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan selama lebaran. Dalam penjabarannya, langkah yang dilakukan mulai dari kesiapan sarana angkutan lebaran, penyiapan 30 pos pemantauan dengan mengerahkan 700 personel, pemantauan melalui 68 CCTV dan 17 variable messages sign yang terpasang di berbagai titik di DIY, dan pemetaan sekaligus penyiagaan kawasan-kawasan rawan kemacetan.

Dalam rakor ini, Gubernur DIY sangat merespon apa yang telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan DIY. Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan DIY menuturkan bahwa selama periode lebaran 2017 ini masyarakat dapat menghubungi nomor darurat 119 jika membutuhkan bantuan kesehatan ketika menemui musibah/kecelakaan. Dari nomor ini nantinya rumah sakit terdekat akan memberikan respon.

Gubernur DIY meminta agar layanan nomor darurat tersebut disosialisasikan. Kemudian diharapkan agar tim kesehatan juga disiagakan di bandara, stasiun, maupun terminal agar bisa melayani pemudik yang mungkin sedang kurang fit akibat perjalanan yang dilalui.

Sementara itu, dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Yogyakarta mengungkapkan bahwa untuk periode lebaran 2017 ini Bank Indonesia dan Perbankan di DIY menyiapkan sekitar Rp 7,9 T cadangan uang cash. BI juga telah mengamati perkembangan harga-harga komoditas bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan mengintensifkan operasi pasar jika terjadi gejolak harga kebutuhan pokok masyarakat.

Gubernur DIY juga menggarisbawahi tentang ketersediaan BBM dan gas selama lebaran nanti. Ngarsa Dalem meminta Pertamina betul-betul menyiapkan ketersediaan BBM dan gas karena konsumsi keduanya diprediksi meningkat.

Untuk menjawab urusan tersebut, Perwakilan Kantor Pertamina Unit Pemasaran Cabang Yogyakarta menyatakan kesiapannya terhadap lonjakan demand BBM maupun gas. Beberapa strategi telah disiapkan seperti beroperasinya Depot Rewulu selama 24 jam, menyiapkan 80 SPBU dari 104 SPBU yang ada di DIY yang akan beroperasi siang dan malam, serta berkoordinasi dengan sekitar 4.200 pangkalan gas LPG.

Menutup rapat koordinasi ini, Gubernur DIY berpesan agar seluruh komponen bekerjasama dan intens berkoordinasi agar berbagai kegiatan selama Idul Fitri berlangsung lancar. Tak ketinggalan, Gubernur DIY juga berpesan agar setiap personel menjaga kesehatan selama menjalankan tugas. (mg)

 

 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN