17 Des 2023

149 Taruna Baru AAU Siap Tempuh Pendidikan di DIY

Yogyakarta (17/12/2023) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menyaksikan Passing In Parade Akademi Angkatan Udara (AAU) di Titik 0KM Yogyakarta pada Minggu (17/12). Passing In Parade merupakan tradisi untuk menyambut kedatangan para taruna yang akan menempuh pendidikan di AAU Yogyakarta.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Gubernur AAU, Marsda TNI Purwoko Aji Prabowo; Komandan Lanud Adisutjipto, Marsma TNI Dedy Susanto; Komandan Korem 072 Pamungkas, Brigjen TNI Zainul Bahar; Kepala RSPAU Hardjolukito, Marsma TNI M. Roikhan Harowi; dan Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, Ponco Hartanto. Parade atau kirab ini juga menandai bergabungnya 149 Kopral Taruna AAU dalam Wadah Wing Korps Taruna hingga 3,5 tahun ke depan.

Kirab diawali dengan Drumband Gita Dirgantara kebanggaan AAU, diikuti oleh dua kompi batalion parjurit taruna yang baru, serta satu kompi Sersan Taruna dan satu lagi kompi Sersan Mayor Taruna. Kirab dimulai dari Gedung DPRD DIY, menyusuri sepanjang Jalan Maliobor ke arah selatan hingga di Titik 0KM. Parade ini semakin rampak meriah oleh ribuan masyarakat DIY yang memadati kedua sisi pinggiran jalan Malioboro guna menyaksikan secara langsung pertunjukan ini dalam jarak dekat.

Passing In Parade menjadi agenda tahunan AAU, di mana kegiatan ini digelar sebagai bentuk permintaan doa restu dari para taruna baru AAU kepada masyarakat DIY. Para taruna baru ini pun meminta izin untuk menjadi bagian dari warga DIY dan berharap pendidikan mereka bisa lancar dan dimudahkan.

Saat sampai di Titik 0 KM, Drumband Gita Dirgantara pun melakukan atraksi bass drum. Atraksi bass drum sendiri menggambarkan jiwa para taruna AAU yang kuat dan kokoh. Hal ini berkat tempaan pendidikan yang keras sebagai taruna AAU. Selama atraksi dilakukan, drumband Gita Dirgantara membawakan dua lagu yakni Bengawan Solo ciptaan Gesang dan Set Fire to The Rain milik penyanyi dan penulis lagu asal Inggris, Adele.

Usai atraksi drumband, kirab diikuti dengan defile para taruna AAU dengan memberi hormat. Penghormatan inipun diterima baik oleh para pejabat yang berdiri di podium utama. (Rt/Rc)
HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: