07 Mar 2023
  Humas DIY Berita,

3 Calon Sekda Di Uji Langsung Oleh Gubernur DIY

Yogyakarta (07/03/2023) jogjaprov.go.id - Tiga besar calon Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan presentasi langsung di depan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Beny Suharsono, Tri Saktiyana dan Singgih Raharjo, tiga sosok ini melakukan presentasi masing-masing 30 menit pada Selasa (07/03) di Gedhong Gadri, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Ditemui usai melakukan presentasi di hadapan Sri Sultan dan anggota Pansel Sekda, Singgih mengatakan, lebih banyak diajak diskusi tentang bagaimana langkah dan kebijakan yang bisa diambil jika dirinya terpilih sebagai Sekda. Singgih yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata DIY ini mengatakan tentang bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak. Tidak hanya atasan, namun juga bagaimana bisa membangun sinergi antar OPD melalui jembatan seorang Sekda.

“Sekda adalah jembatan antara gubernur, kepala-kepala OPD, DPR dan pemerintah pusat. Tadi diingatkan Ngarsa Dalem juga kalau menjadi Sekda itu melakukan yang terbaik dan menjaga komunikasi adalah hal yang sangat penting,” ujarnya.

Lain Singgih, lain Beny. Usai presentasi Beny yang saat ini duduk sebagai Kepala Bappeda DIY ini menjabarkan, lebih banyak menjabarkan tentang bagaimana pembangunan DIY ke depan. Beny berkomitmen untuk menyelesaikan PR paling besar yaitu kemiskinan, persoalan ketimpangan penduduk antar wilayah, permasalahan lingkungan hidup seperti sampah dan layanan air.

“Kami akan fokus ke PR terutama kemiskinan ekstrim yang harus nol di 2024, makin menurunnya gap antar wilayah dan stunting. Itu termuat dalam dokumen pembangunan yang harus kami wujudkan dan harus tertangani dengan baik,” kata Beny.

Beny dipastikan akan berupaya mewujudkan wilayah selatan lebih maju tanpa meninggalkan utara. Reformasi kelurahan, pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung percepatan pembangunan, Peningkatan layanan publik di kalurahan serta meningkatkan budaya inovasi adalah sesuatu yang pasti akan diwujudkan olehnya apabila menjabat sebagai Sekda DIY.

Sementara Tri Saktiyana yang mendapatkan giliran ketiga atau terakhir dalam presentasi 3 besar ini mengatakan, “Apabila terpilih nanti saya akan dengan sungguh-sungguh membantu dan mengawal Ngarsa Dalem untuk mewujudkan visi misi Gubernur. Itu tugas Sekda yang utama.”  (uk)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: