22 Sep 2016
  Humas Berita,

30 Siswi BPRSW Yogyakarta Siap Mandiri

YOGYAKARTA (21/09/2016) jogjaprov.go.id - Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Sosial DIY telah melakukan sertifikasi kepada 30 siswi, Kamis (21/09) pukul 09.00 WIB. Tujuan dari adanya BPRSW Yogyakarta adalah terwujudnya wanita yang berguna, berkualitas, dapat meningkatkan sumber daya, serta meningkatkan martabat dan peran wanita.

Sertifikasi alumni BPRSW Yogyakarta dilaksanakan selama 25 hari dimulai pada tanggal 23 Agustus sampai dengan 21 September 2016 di BPRSW Yogyakarta. Jumlah peserta sertifikasi tahun ini ada 30 siswi yang terdiri dari 10 orang alumni tata rias/salon, 12 orang alumni keterampilan jahit, dan 8 orang alumni dari keterampilan olahan pangan. Sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kepercayaan diri para siswi. Bagi siswi yang sudah disertifikasi akan mendapatkan sertifikat yang sudah memenuhi standar.

Dra. Sri Suprapti selaku Kepala BPRSW Yogyakarta menjelaskan bahwa sertifikasi alumni BPRSW tahun ini bekerja sama dengan lembaga penyedia jasa sertifikasi ketrampilan yang sudah terakreditasi, seperti LPK AL Fafh Course, LPK Colour Model Management, dan LPK Kayu Manis. Lebih lanjut dijelaskan bahwa pendanaan yang dikeluarkan oleh BPRSW selama ini menggunakan APBD BPRSW Yogyakarta Dinas Sosial DIY Tahun 2016.

Drs. Untung Sukaryadi, MM selaku Kepala Dinas Sosial Yogyakarta menjelaskan, “Dinas Sosial pada tahun 2016 ini tidak dapat memberikan modal seperti tahun-tahun sebelumnya. Walaupun hanya modal keterampilan saja, akan tetapi modal ketrampilan itu tidak akan habis begitu saja. Jika kita mengemas kompetensi itu dengan baik, maka hal itu bisa menjadi modal yang lebih besar lagi”. Drs. Untung Sukaryadi, MM kemudian berpesan kepada wali siswi BPRSW untuk memberikan pengawasan kepada siswi BPRSW, karena mereka ini masih dalam kisaran usia remaja.

Acara yang dibuka dengan paduan suara, tari tradisional, dan fashion show ini dilanjutkan dengan demo memasak dan upacara adat jawa panggih. Kemudian acara ditutup dengan makan bersama hasil dari siswi-siswi keterampilan olahan pangan. Turut hadir dalam acara tersebut Putri Ayu Riandari S.E, mewakili Forum CSR Kementrian Sosial Yogyakarta yang mewadahi perusahan-perusahan yang menyalurkan dana CSR. (ma/rzm)

HUMAS DIY

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: