24 Okt 2011
  Humas Berita,

33 Peserta Diklatpim III Kemenkes RI Oblap Ke DIY

33 Peserta Diklatpim III Kemenkes RI Oblap Ke DIY

 

KEPATIHAN YOGYAKARTA (24/10/2011) pemda-diy.go.id Pembangunan bidang kesehatan di Provinsi DIY diarahkan untuk Peserta Diklatpim III Kemenkes RI angkatan IVmeningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dengan sasaran pembangunan kesehatan secara seimbang. Artinya bukan hanya ditujukan kepada masyarakat usia produktif saja namun anak-anak dan masyarakat lanjut usia juga mendapat perhatian yang sama.

Demikian dikemukakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DIY, dr. Sarminto, Mkes, saat menerima rombongan peserta Pendidikan dan Latihan Pimpinan (Diklatpim) III Kementerian Kesehatan RI angkatan IV 2011, di Gedhong Pracimosono Kepatihan Yogyakarta, Senin (24/10).

Ditambahkan, Pemprov DIY telah melaksanakan beberapa program pemerintah di bidang kesehatan diantaranya adalah program pengadaan peningkatan dan perbaikan sarana prasarana puskesmas dan rumah sakit jiwa, paru serta mata. Selain itu juga melaksanakan program pelayanan kesehatan keluarga miskin yang telah menjadi komitmen pemerintah Provinsi DIY melalui program Jamkesos untuk provinsi, Jamkesmas secara nasional, dan Jamkesda untuk kabupaten kota.

Seperti program Jamkesos katanya, sudah berjalan sejak tahun 2002 dan sampai sekarang telah mencakup seluruh masyarakat miskin yang ada di DIY. Namun dalam pelaksanaannya dinamika pembangunan kesehatan seringkali menghadapi tantangan dan hambatan, baik yang berasal dari pemerintah sebagai pelaku pelayanan publik maupun dari masyarakat sebagai sasaran kesehatan. Oleh sebab itu sebagai aparatur pemerintah yang berkualitas selalu dititikberatkan pada pelayanan prima kepada masyarakat di bidang kesehatan.

Saya berharap melalui oblap ini mampu mengidentifikasi data dan informasi mengenai permasalahan yang masih menjadi hambatan dalam program pembangunan kesehatan yang berkaitan dengan kompetensi aparatur, penyelenggara serta pengawasan dan pengendalian pelayanan publik, harap Sultan.

Sementara pimpinan rombongan peserta Diklatpim III Kemenkes RI angkatan IV, Dra. Isti Ratnariningsih, MA, mengemukakan, rombongan berjumlah 33 orang. Adapun maksud dan tujuan observasi lapangan (oblap) adalah untuk mengaplikasikan teori yang diperoleh selama Diklat dengan kenyataan di lapangan, sekaligus memberi kesempatan kepada peserta Diklat untuk mengalami, mengamati, dan menganalisa pelayanan masyarakat pada instansi yang di kunjungi yang ditunjuk yaitu Dinas Kesehatan Provinsi DIY dan Kota Yogyakarta, RSUP DR. Sardjito Yogyakarta, serta RSUD Morangan Kabupaten Sleman.

Oblap di DIY selama 4 hari mulai hari ini Senin (24/10) hingga Kamis (27/10). Sedang tema diambil dalam Diklatpim yaitu Peningkatan Profesionalisme Kepemimpinan Aparatur Dalam Pengelolaan Program Pelayanan Kesehatan Guna Mewujudkan Masyarakat Sehat yang Mandiri dan Berkeadilan, terang Isti seraya menambahkan bahwa pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kepada pimpinan instansi yang ditunjuk secara lengkap, selanjutnya akan ditulis dalam laporan oblap dan akan diseminarkan pada hari terakhir.

Usai penerimaan secara resmi, dilanjutkan pemaparan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DIY dan dialog antara peserta Diklat dengan instansi terkait seperti jajaran dinas kesehatan provinsi dan kota, jajaran Biro Umum, Humas dan Protokol, Biro Kesra, RSUP DR. Sarjito maupun RSUD Morangan Kabupaten Sleman. (rsd)

HUMAS Ro UHP DIY

Bagaimana kualitas berita ini: