18 Des 2022

52 Tahun IKG, Nguri-uri Kabudayan Lewat Pergelaran Wayang

JAKARTA (17/12/2022) jogjaprov.go.id - Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) merayakan hari jadi ke-52 melalui pergelaran wayang di anjungan DIY Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (17/12) malam.

Pagelaran Wayang Kulit yang mengambil lakon Wisanggeni Gugat ini menjadi bukti komitmen IKG dalam nguri-uri kabudayan. Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji dalam sambutan yang dibacakan Kepala Badan Penghubung Daerah DIY Nugrohoningsih mengatakan, sebagai paguyuban yang menaungi warga Kabupaten Gunungkidul, IKG telah mampu menunjukkan komitmennya dalam ngumpulke balung pisah warga Kabupaten Gunungkidul di tanah rantau.

“Selamat Ulang Tahun IKG Ke-52. Saya berharap warga Kabupaten Gunungkidul yang tergabung dalam IKG tetap saling nyengkuyung kapan dan di manapun berada, selayaknya yang dicontohkan trah Pandawa dalam berbagai cerita,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam wayang,  sejatinya kita bisa bercermin tentang kehidupan untuk dijadikan laku mulat-sarira, seperti yang selalu dicontohkan oleh sosok Semar yang melambangkan sebuah teladan hidup.

Wayang, imbuhnya, bukan lagi sekadar tontonan, melainkan juga tuntunan. Karena wayang menggambarkan kehidupan manusia dengan segala coba dan perjuangan mencari jalan keluar paling bijak.

Sementara itu, Ketua Umum IKG Eddy Sukirman mengatakan acara ini terselenggaranya atas dukungan Pemerintah Daerah DIY melalui dana keistimewaan yang disalurkan oleh Badan Penghubung Daerah.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan kami,” ujarnya.

Eddy menjelaskan IKG memayungi 1.600 paguyuban dan fokus pada lima bidang antara lain sosial, seni budaya, pendidikan, olahraga, dan ekonomi. Melalui kegiatan-kegiatan di bidang tersebut, ia berharap IKG dapat berkontribusi membantu peningkatan pembangunan khususnya di Gunungkidul. Pada kesempatan tersebut, Eddy juga mengajak para anggota IKG untuk mengembangkan Gunungkidul, salah satunya dengan berinvestasi.

“Saya berharap anggota IKG juga dapat mengajak rekan-rekan di luar IKG untuk berinvestasi di Gunungkidul,” imbuhnya.(in)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: