21 Apr 2024
  Humas DIY Berita,

600 Kartini Lari Bersama Mbok Mlayu

Yogyakarta (21/04/2024) jogjaprov.go.id – Dalam rangka peringatan Hari Kartini, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DIY sukses menggelar Mbok Mlayu, event lari dan jalan khusus perempuan yang pertama dilaksanakan di DIY pada Minggu (21/04). Bertempat di Sewandanan Puro Pakualaman, sebanyak kurang lebih 600 peserta hadir dari berbagai kalangan dan usia, termasuk diantaranya ibu-ibu forkopimda dan pimpinan OPD di Pemda DIY

Wakil Ketua 1 TP PKK DIY, GKBRAA Paku Alam mengatakan, event Mbok Mlayu ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh wanita hebat di Indonesia. Gusti Putri berharap, dengan adanya Mbok Mlayu perempuan dapat terinspirasi untuk menjaga hidup sehat.

“Saya mengharapkan acara ini bisa menjadi pemicu bagi ibu-ibu dan perempuan di DIY untuk terus bergerak karena dengan bergerak kita menjadi sehat. Semoga acara ini berjalan lancar, dan ibu-ibu menjadi lebih sehat. Karena dari tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Mbok Mlayu, Mbok Ayu,” ungkap Gusti Putri.

Gusti Putri pun menyampaikan, hari kartini ini dapat dijadikan semangat membuka jalan bagi kemajuan perempuan, untuk mewujudkan perempuan yang lebih berdaya. “Jadilah Kartini masa kini yang dapat menginspirasi,” imbuhnya.

Salah satu peserta lari yang berasal dari Sleman, Shafira mengungkapkan kebahagiaannya, karena dapat ikut berpartispasi memeriahkan Event Mbok Mlayu ini. Menurutnya kegiatan ini sangat baik untuk menjadikan para perempuan lebih sehat dan lebih kuat lagi. Ia pun berharap agar Mbok Mlayu ini dapat terus diadakan setiap tahun.

“Event Mbok Mlayu seru banget karena semuanya perempuan, terus pas hari kartini juga kan yaa. Acara Mbok Mlayu ini juga sangat rapi ya, mulai dari pendaftaran sampai sekarang. Semoga tahun depan ada lagi,” kata Shafira.

Sementara itu, Intan peserta lari yang berasal dari Bantul juga merasa sangat senang dapat mengikuti acara Mbok Mlayu. Karena menurutnya sangat jarang ada event lari khusus wanita seperti ini. “Seru dan seneng banget, bisa ikut Mbok Mlayu ini. Kapan lagi coba bisa lari bareng ibu-ibu. Semoga acara seperti ini terus diadakan yaa,” ungkapnya.

Event Mbok Mlayu ini menyediakan tiga kategori rute, yakni rute 10K, 5K dan 2K. Menariknya, untuk rute 10k melewati dan masuk ke area Gembiraloka Zoo. Tidak hanya itu, Event Mbok Mlayu ini juga turut dimeriahkan oleh 20 stand UMKM dari ibu PKK DIY serta Zumba gratis yang terbuka untuk umum. (ham/ip/yd)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: