23 Jan 2019

Dubes Korsel Jajaki Kerja Sama Pariwisata dan Pendidikan dengan DIY

Yogyakarta (23/01/2019) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menerima kunjungan Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, Kim Chang Beom pada hari ini Rabu (23/01) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Kunjungan Dubes Korsel ini dalam rangka silaturahmi dan membahas mengenai kerja sama antara Korea Selatan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kim Chang Beom mengatakan bahwa salah satu bentuk kerja sama yaitu perjanjian provinsi kembar antara Yogyakarta dengan 2 provinsi di Korea Selatan yaitu  provinsi Gyeongsangbuk-do yang telah dimulai sejak tahun 2005 dan provinsi Gangwon sejak tahun 2010. dalam pertemuan ini juga dibahas mengenai kerja sama dalam sektor pendidikan, pariwisata, dan produk usaha.

“Akan ada diskusi kerja sama seputar pendidikan melalui pertemuan dengan rektor Universitas Gadjah Mada siang ini. Kami telah menjalin kerja sama, dimana mereka mempunyai program studi Bahasa Korea dan kami juga berkolaborasi dalam gerakan Semaul Undong, yaitu gerakan pemberdayaan masyarakat dengan Pusat Studi Korea UGM di Gunung Kidul. Sehingga, akan ada banyak bentuk kerja sama lebih lanjut lagi.” kata Kim Chang Beom.

“Saya berterima kasih sekali dengan pihak Korea Selatan yang telah melaksanakan program ini sehingga bisa berlangsung dengan baik.”, kata Sri Sultan saat menanggapi pembahasan kerja sama dengan Korea Selatan.

Dubes Korsel juga mengucapkan terima kasih kepada Sri Sultan yang telah memberikan kenyamanan bagi sekitar 500 warga negara Korsel yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya.

Turut hadir mendampingi Gubernur, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Ir. Gatot Saptadi dan Kepala BKPM DIY, Drs. Arief Hidayat. (*/rp)

Bagaimana kualitas berita ini: