14 Feb 2019

Expo UKM Istimewa, Menjadi Entrepreneur Itu Keren

Yogyakarta (14/02/2019) jogjaprov.go.id – Sebagai upaya pertumbuhan ekonomi daerah serta perkembangan dan persaingan wirausaha, Dinas Koperasi & Usaha Kecil Menengah (UKM) DIY menyelenggarakan Expo UKM Istimewa 2019. Berlokasi di Dinas Koperasi & UKM DIY dengan tema “Menjadi Entreprenerur Itu Keren”, acara tersebut resmi dibuka oleh Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Moedji Rahardjo, S.H., M.Hum. pada hari Kamis (14/02).

“Terima kasih kepada para pengrajin, pengusaha kecil menengah yang telah berpartisipasi guna mendukung suksesnya pameran ini. Semoga pameran kali ini dapat  berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat meningkatkan nilai jual dari produk yang dipamerkan. Sehingga kedepan, akan memberikan kemajuan bagi para peserta di dalam menghadapi persaingan dan kompetisi yang semakin pesat saat ini,” ujar Moedji dalam sambutannya, mewakili Sekretaris Daerah DIY, Ir. Gatot Saptadi.

Moedji juga menjelaskan, untuk menumbuhkan ekonomi daerah, perlu adanya suatu identifikasi terhadap keunggulan potensi daerah. Potensi daerah tersebut meliputi potensi pasar dan penentu strategi terhadap pembangunan daerah itu sendiri. Perkembangan pasar melalui promosi, publikasi, dan kegiatan pameran.

“Pameran ini juga merupakan bukti nyata yang telah dilaksanakan upaya pembinaan oleh pemerintah daerah dan stakeholder terkait lainnya, didalam melakukan kegiatan pemberian modal usaha, edukasi, asistensi, dan pelatihan-pelatihan guna peningkatan kapasitas para pelaku wirausaha.” ungkap Moedji.

Moedji menekankan, hasil dari program pembinaan ini yaitu menjamin para pelaku usaha dan pengrajin berskala kecil untuk mandiri, maju, dan berkelanjutan dalam menghadapi daya saing di pasar global.

Kepala Dinas Koperasi & UKM, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A. mengungkapkan harapannya bahwa expo tersebut akan menjadi titik temu bagi para pelaku usaha dan konsumen melalui cara offline. Namun, Srie juga tidak menampik baik online maupun offline menjadi komponen penting pengembangan UKM dari sisi media pemasaran.

Srie juga berharap expo ini dapat mengundang para konsumen untuk ikut berpartisipasi dan meramaikan acara ini.  “Harapan kami dengan dukungan beberapa pihak dalam penyelenggaraan acara ini dapat mengundang banyak buyer, banyak konsumen, karena dalam suatu penyelenggaraan pameran, khususnya perform terhadap UKM ini, bukan hanya terselenggarakannya pameran, tapi kami berharap ini menjadi kinerja kami dan bagaimana dampaknya, akan kita evaluasi,” ungkap Srie.

Sebanyak 35 wirausaha dari kota dan kabupaten di DIY berpartisipasi pada Expo UKM Istimewa 2019. Expo UKM ini akan berlangsung dari tanggal 14 Februari 2019 hingga 16 Februari 2019. Acara dimulai pada pukul 08.00 hingga 18.00 di Dinas Koperasi & UKM DIY. Rangkaian acara seperti talkshow dan workshop turut meramaikan Expo UKM Istimewa 2019. (*/rp)

Bagaimana kualitas berita ini: