14 Mar 2019
  Humas Berita, Informasi,

World Kidney Day, Kidney Health for Everyone and Everywhere

Yogyakarta (14/03/2019) jogjaprov.go.id – World Kidney Day  yang bertemakan “Kidney Health for Everyone and Everywhere” merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Ginjal Sedunia yang diadakan rutin setiap tahun di RSUP Dr. Sardjito. Kegiatan ini dimulai dari tahun 2006 bermula dari keprihatinan bahwa kenyataan penyakit ginjal dan penderita penyakit ginjal bertambah dari tahun ke tahun. Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis (14/03) pagi yang dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dan Direktur Umum RSUP Dr. Sardjito DR. Dr. Darwito, SH.SP.B.Onk (K).

Ketua  panitia World Kidney Day Dr. Heru Prasanto, Sp. PD, KGH dalam sambutannya mengatakan ”capaian untuk penderita gagal ginjal itu belum optimal. Oleh kerena itu tujuan dari kegiatan ini salah satunya adalah usaha preventif dan usaha untuk meningkatkan kualitas hidup penderita gagal ginjal. Dari tema yang kita ambil yaitu Kidney Health for Everyone and Everywhere yang maksudnya adalah kesehatan ginjal untuk semua orang dalam artian yang belum terkena terkena sakit ginjal bisa kita ajak untuk memelihara kesehatan ginjal dan jangan sampai mengalami gagal ginjal”. Ujar Heru Prasanto

Direktur Umum RSUP Dr. Sardjito DR. Dr. Darwito, SH.SP.B.Onk (K) menjelaskan bahwa RSUP Dr. Sardjito sebagai rumah sakit rujukan tingakat tiga dan sudah siap untuk melayani pasien-pasien yang tidak bisa dilakukan di tingkat satu dan dua.  beliau juga mengharapkan tingkat satu dan tingkat dua untuk merujuk ke RSUP Dr. Sardjito dan jangan sampai terlambat. Kerena kecepatan merupakan kunci dari keselamatan pasien dan menjadi keuntungan bagi pasien.

”Semua transpalantasi ginjal di RSUP Dr.Sardjito semua sudah dicover oleh BPJS jadi semua pasien-pasien jangan takut dengan biaya transpalantasi ginjal karena itu sudah di cover oleh BPJS. Itulah komitmen dari Negara” . ujar DR. Dr. Darwito, SH. SP. B.Onk (K)

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X mengatakan ”perlu menjadi catatan kita bersama terkait  dengan peringatan World Kidney Day ini bagaimana kita meningkatkan kualitas perawatan terhadap pasien CKD dan yang lebih penting untuk DIY bagaimanapun juga kita merupakan garda paling depan terkait ginjal. Khususnya untuk DIY harapannya lebih baik mencegah tentu lebih baik dari mengobati”. Imbuh KGPAA Paku Alam X.

Dalam sambutan Gubernur DIY yang disampaikan oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menyampaikan “ ginjal merupakan organ vital ditubuh kita yang berfungsi untuk menyaring zat limbah dari dalam lalu mengeluarkannya melalui kulit, mengatur kesembangan cairan dan elektrolit serta masih banyak fungsi  lain. Ginjal yang sudah rusak tidak dapat melakukan proses tersebut, hasilnya zat limbah akan menumpuk di dalam tubuh dan kondisi ini berpotensi mengancam  jiwa”. Imbuh KGPAA Paku Alam X.

Pada tahun 2019 ini hari ginjal sedunia ditetapkan untuk meningkatkan kesadaran akan tingginya beban penyakit ginjal diseluruh dunia dan perlunya strategi untuk pencegahan dan manajemen penyakit ginjal. Pada peringatan hari ginjal sedunia ini menyerukan perlindungan kesehatan secara universal  yaitu kesehatan ginjal untuk siapapun dan dimanapun. (*/wr)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: