02 Mei 2019
  Humas Berita,

DIY Kembali Meraih Penghargaan Tingkat Nasional Bidang Koperasi

Pangkalpinang (02/05/2019) jogjaprov.go.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima penghargaan sebagai Pengelola Data Koperasi Terbaik tahun 2018, pada acara pembukaan Rakornas Bidang Koperasi Dan UMKM Tahun 2019 yang diselenggarakan di Balitong Resort, Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Kamis (02/05).

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, AAGN Puspayoga, pada acara yang dihadiri oleh pejabat Eselon I Kementerian Koperasi dan UKM, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, serta kepala dinas yang membidangi Perkoperasian dan UKM dari seluruh provinsi dan kabupaten di Indonesia.

Rapat Koordinasi Nasional Tahun 2019 dengan tema "Sinergi Program dan Kegiatan Pusat dengan Daerah dalam pemberdayaan Koperasi dan UMKM untuk bahan rumusan perencanaan Strategi Pembangunan UMKM Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024" ini, mengusung tiga isu utama yang menjadi agenda rapat, yaitu penyusunan rencana strategis, peningkatan teknologi informasi untuk layanan birokrasi dan pembangunan kompetensi sumber daya manusia, yang dilaksanakan 2-4 Mei 2019 di Kepulauan Bangka Belitung.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menghadiri acara tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan koperasi untuk lebih meningkatkan kualitasnya, seperti manajemen pengelolaan, sumber daya manusia, kelembagaan, pelayanan serta tidak boleh melupakan jati diri koperasi.

Ketika dimohon untuk memberikan sambutan oleh menteri Koperasi dan UKM, Sultan menghimbau kepada masyarakat untuk terus menumbuhkan semangat dalam gerakan koperasi, dengan membentuk BUMdes misalnya, agar pemerintah dapat memberikan bantuan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Beliau menambahkan, "jangan sampai terjadi, ada koperasi atau bumdes yang dibantu oleh pemerintah, bukan tumbuh tetapi malah mati." Sultan juga berharap, masyarakat mempunyai ruang untuk mengambil inisiatif, menjadi subyek dalam pembangunan. Demikian pula dengan para generasi muda, hendaknya mampu menggali potensi lokalnya sendiri, tutup Sultan.

Dalam acara yang dibuka secara resmi oleh Menteri Koperasi dan UKM tersebut, para tamu undangan yang hadir dihibur dengan kesenian Bangka Belitung berupa tarian Buang Jung, dan Rampak Gendang serta fashion show yang memamerkan kain Cual khas Bangka Belitung. (pjs)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: