27 Mei 2019
  Humas Berita,

Digelar 3 Hari,  HKP Ke-47 Sokong Kebutuhan Pokok Masyarakat

Yogyakarta (27/05/2019) jogjaprov.go.id – Sejumlah barang kebutuhan pokok dari hasil olahan pertanian dan peternakan dijual dibawah harga pasar untuk memenuhi kebutuhan pokok jelang Idul Fitri 2019. Barang-barang tersebut tersedia pada stand pameran peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 yang digelar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Senin (27/05) di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Yogyakarta.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Ir. Sasongko, M.Si. menyampaikan bahwa HKP ke-47 ini bertujuan untuk memamerkan hasil pertanian dan peternakan serta teknologi dalam dua bidang tersebut yang saat ini berkembang cukup pesat. Selain itu dengan digelarnya pameran ini, diharapkan produk-produk hasil olahan dari kabupaten dan kota di DIY bisa lebih mudah dipasarkan.

“Kita setiap tahun biasanya menyelenggarakan HKP di bulan Juni. Tapi kali ini kita majukan, agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat hari raya. Selain itu juga kita berusaha membantu mereka untuk memasarkan produknya, makanya harga kita tekan serendah-rendahnya, dibawah harga pasar,” jelas Sasongko.

HKP ke-47 ini diikuti oleh 40 stand yang memamerkan dan menjual hasil bumi dan olahannya dari seluruh kabupaten kota di DIY. Menurut Sasongko, ada yang berbeda dari HKP tahun ini dibanding dengan tahun lalu. Saat ini HKP lebih dititikberatkan pada teknologi yang telah diaplikasikan pada subsektor pertanian dan peternakan sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal.

“Kita saat ini banyak menampilkan teknologi. Contohnya yang dihasilkan BPTP yaitu ayam Jawa Super yang banyak menghasilkan telur, ada teknologi bagaimana mensinergikan antara tanaman dengan perikanan. Selain itu kita juga banyak menonjolkan hasil lokal dari masing-masing daerah,” kata Sasongko.

Sasongko menjelaskan bahwa selain untuk mengangkat produk lokal, HKP ke-47 ini juga bertujuan untuk membangun kemitraan dengan warga masyarakat serta menumbuhkan semangat masyarakat untuk bisa memenuhi dan menghidupkan swasembada pangan di DIY. Dengan demikian, cita-cita untuk mewujudkan ketahanna pangan akan segera tercapai.

“Semoga masyarakat terutama generasi muda lebih mengenal pertanian dan peternakan, karena saat ini dunia pertanian ini sudah banyak ditinggalkan terutama oleh generasi muda,” tutup Sasongko usai membuka acara tersebut.

Sumari, Ketua Panitia HKP ke-47 melaporkan, pameran yang dibiayai oleh APBD 2019 ini akan digelar selama 3 hari hingga Rabu (29/05) mendatang. Acara digelar dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB dan dibuka untuk umum. Sumari menyampaikan bahwa selain menggelar pameran, pihaknya juga membagikan sembako kepada warga yang kurang mampu di sekitar kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Tak hanya itu saja, dalam acara tersebut juga digelar lomba menggambar dengan tema pertanian untuk anak SD di DIY. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa kepala OPD di DIY yang turut serta berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

“Tujuan acara ini adalah untuk mendorong munculnya cipta, rasa dan karya untuk mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan di DIY,” ujar Sumari. (uk)

Humas Pemda DIY

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: