01 Jul 2019

Kemah Budaya Perlu Dikemas Modern

Yogyakarta (01/07/2019) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima audiensi dari rombongan Pramuka dalam rangka persiapan Kemah Budaya di Ruang Gadri, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (1/7). Rombongan dipimpin oleh Suwarsih Madya selaku Ketua Panitia Kemah Budaya yang rencananya digelar di Candi Prambanan, 10-13 Juli mendatang.

Seusai pertemuan, Suwarsih menyampaikan bahwa maksud dalam audiensi dengan Gubernur DIY tak lain untuk meminta dukungan dan masukan. Hal tersebut dilakukan agar Kemah Budaya bisa berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Kemah Budaya yang melibatkan anak muda milenial tersebut diadakan di Bumi Perkemahan Rama Shinta Prambanan, Yogyakarta. Salah satu kegiatan yang terdapat dalam Kemah Budaya yakni berkeliling ke desa wisata yang terdapat di empat kabupaten dan satu kota madya di DIY.

Menurut Suwarsih, peserta Kemah Budaya diperkirakan mencapai 740 orang dari kalangan pelajar SMA hingga mahasiswa. Dari jumlah peserta tersebut, meliputi 6 kwarda yang terdiri dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten dan DKI Jakarta.

Adapun tema kegiatan Kemah Budaya kali ini adalah ‘Generasi Muda yang Berbudaya, Berkarakter, dan Berkarya’. “Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter anak muda dengan prinsip luru ilmu dan liru kawruh, yang memiliki arti mencari ilmu pengetahuan dan bertukar ilmu budaya dengan sesama,” kata Suwarsih.

Melalui Kemah Budaya tersebut juga menjadi wadah saling bertukar ilmu antaranggota agar menambah pengetahuan khususnya pengetahuan dalam budaya. “Kemah Budaya mampu mendorong orang untuk menyadari siapa dirinya dan budayanya, serta menghormati budaya orang lain karena saling memahami,” tutur Suwarsih.

Ditambahkan Suwarsih, dengan Kemah Budaya, dapat menumbuhkan karakter ketelatenan, kecermatan, dan kerjasama. Selain itu agar nilai-nilai trardisional dapat dikenal dan dilestarikan dengan kemasan yang lebih menarik untuk para kaum muda.

Dalam kesempatan itu, Suwarsih juga mengungkapkan bahwa Gubernur DIY menyambut baik diadakannya kegiatan Kemah Budaya ini. “Beliau memberi masukan agar mengemas nilai tradisional menjadi kemasan yang menarik dan modern agar disukai oleh anak-anak milenial,” ungkapnya.  (Nw)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: