06 Sep 2019
  Humas Berita,

Edukasi Investasi Saham Penting Untuk Generasi Milenial Calon Investor

Yogyakarta (06/09/19) jogjaprov.go.id – “Millenial tak hanya menabung di bank tetapi juga harus berinvestasi di pasar modal” ucap KGPAA Paku Alam X saat memberi sambutan dan membuka acara Seminar Nasional Pasar Modal yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) FEB UPNVY yang bertajuk ‘Investment Become A Millenial Passion’ di Gedung H. AGUS SALIM Kampus II Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta pada Jum’at (06/09) pagi.

Pembukaan seminar ini dilakukan oleh Wakil Gubernur, KGPAA Paku Alam X. Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Rektor UPN “Veteran” Yoogyakarta, Dr. Mohamad Irhas Effendi, MS., narasumber seminar dan para peserta seminar.

Dalam sambutannya KGPAA Paku Alam X menyampaikan bahwa pasar modal sendiri terdiri dari banyak variannya, seperti saham, obligasi, dan reksa dana. Masalah utama ketika mengenalkan hal ini adalah edukasi yang hanya teoritis, cara ini hanya membuat para generasi muda mengetahui apa itu saham, reksa dana dan obligasi tanpa mengetahui bagaimana instrumen pasar modal tersebut bisa memberikan pertumbuhan kepada para investor.

Lebih lanjut, Sri Paduka menyatakan saat ini pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI), yang mengurus pasar modal semakin gencar dalam melakukan sosialisasi dan edukasi dalam mencari investor baru khususnya masyarakat dan generasi muda. Selain itu pemerintah sangat terbuka dengan implementasi-implementasi yang dilakukan oleh berbagai pihak dalam mengembangkan edukasi pasar modal agar lebih mudah dipahami oleh generasi muda.

Edukasi mengenai investasi saham di pasar modal sangat penting untuk para generasi muda agar dapat menjadi investor yang handal di pasar modal. “Bertambahnya pengetahuan generasi muda mengenai pasar modal akan menciptakan apa yang disebut rasa memiliki terhadap pasar modal dan Bursa Efek Indonesia (BEI)” lanjutnya.

“Saya berharap, melalui seminar ini generasi muda dapat diedukasi dan diberi informasi sehingga banyak generasi muda yang tidak hanya mengalokasikan uangnya untuk menabung di bank tetapi juga berinvestasi di pasar modal” ujar Sri Paduka.

Atas nama Pemerintah DIY, Sri Paduka menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, atas penyelenggaraan Seminar Nasional Pasar Modal 2019.

Rektor UPNV Yogyakarta menyatakan bahwa, investasi ini menjadi bagian yang cukup penting dalam mendorong kemajuan ekonomi. Bagaimana cara negara menjadi maju adalah meningkatkan jumlah investasi dengan cara melakukan literasi dalam bidang keuangan. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa mendorong peningkatan investasi, meningkatkan gairah seperti judulnya di kalangan milenial untuk menjadi investor-investor baru sekaligus berpartisipasi dalam mendorong pembangunan ekonomi,” tutup Irhas. (In/We)

Bagaimana kualitas berita ini: