28 Sep 2019
  Editor Agenda Kegiatan,

Sastra dan Budaya Itu Lekat, Memanusiakan Manusia

Yogyakarta (27/09/2019) jogjaprov.go.id - “Sastra dan budaya akan membawa nilai positif dalam aspek kehidupan saat dimana manusia telah didominasi oleh teknologi. Sastra dan budaya dapat menawarkan keindahan, untuk memanusiakan manusia dan memperindah keindahan dunia,” ujar Ir. Gatot Saptadi, Sekretaris Daerah DIY.

Pernyataan tersebut disampaikan saat beliau menghadiri sekalis membuka acara Joglitfest-Festival Sastra Yogyakarta 2019 pada Jumat (27/09) malam di Monuman Serangan Oemum 1 Maret. Turut hadir sekaligus membuka acara tersebut yakni Staf Ahli Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Chatarina  Gingsar , Kepala Dinas Kebudayaan DIY Drs. Aris Eko Nugroho, SP., MS.I dan perwakilan Forkopimda DIY. Pembukaan dilakukan secara simbolis dengan memberikan buku antalogi puisi kepada Sekda DIY, Staf Ahli Kemendikbud RI, dan Kepala Dinas Kebudayaan DIY oleh panitia.

Lebih lanjut, Gatot menambahkan bahwa pihaknya menyambut baik festival sastra karena menyimbolkan banyak pesan moral di dalamnya. “Nilai keluhuran karena acara ini makin menangguhkan nilai istimewa Yogyakarta, menyuguhkan nilai universal dari Jogja dan Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menuturkan, “Bahwa kegiatan Joglitfest adalah wujud perkembangan sastra di Jogja, baik sastra Jawa yang berbasis tradisi maupun sastra modern,” ujarnya. Harapannya, kegiatan ini dapat terus berlanjut di kemudian hari dan mampu menginisiasi terbentuknya kegatan serupa di tempat lain di Indonesia.

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan oleh pembacaan karya puisi yang dilakukan oleh Aan Mansyur dan juga dimeriahkanoleh penampilan dari grup band Silampukau. Di akhir kegiatan, Jogja Hip Hop Foundation menjadi penampil yang mampu menyedot antusiasme penonton yang ada di sekitar lokasi. Kegiatan Joglitfest ini sendiri akan berlangsung hingga tangal 30 September dan dilaksanakan di beberapa lokasi yakni MTsN 9 Yogyakarta, Hotel Cavinton, Hotel Melia Purosani, dan Banteng Vredeburg. Silakan cek informasi selengkapnya pada akun instagram resmi event Joglitfest di @Joglitfest. [vin]

 

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: