03 Sep 2024
  Humas DIY Berita,

Agro Edu Wisata Banjarharjo, Masa Depan Kelengkeng Kulon Progo

Kulon Progo (03/09/2024) jogjaprov.go.id - Agro Edu Wisata Banjarharjo diproyeksikan akan menjadi penghasil buah kelengkeng terbesar di Kulon Progo pada tahun 2026 mendatang. Satu pohon diperkirakan akan menghasilkan sedikitnya 20 kg sekali panen.

Agro Edu Wisata ini diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Selasa (03/09) di Lapangan Kalurahan Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo. Sri Sultan menanam bibit kelengkeng bersama dengan jajaran pejabat Pemda DIY lainya.

Menurut Sri Sultan, pogram Agro Edu Wisata ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi, Agro Edu Wisata ini berdiri di atas tanah kalurahan. Hal ini menjadi salah satu bentuk pembangunan dan petumbuhan ekonomi dari bawah.

“Kalurahan memang harus memberikan fasilitas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan pemanfaatan tanah kalurahan, dan dengan didukung oleh Dana Keistimewaan,” ujar Sri Sultan.

Sri Sultan menyebut, dukungan Dana Keistimewaan saat ini memang lebih luas diperuntukan untuk seluruh masyarakat yang mau dan bisa memanfaatkan. Tujuannya jelas, yaitu pertumbuhan dan perkembangan kesejahteraan masyarakat. Utamanya, melalui sektor pertanian dan peternakan.

Suwandi, Carik Kalurahan Banjarharjo, Kalibawang, menyebutkan, Banjarharjo membuat Edu Agro Wisata ini di tanah kalurahan seluas 6 hektar. Ada dua jenis sumber pendanaan, yaitu dari Dana Keistimewaan dan Dana Desa.

“Kami berharap nanti tahun 2026 Bapak Gubernur bisa hadir untuk panen perdana di kebun buah kelengkeng. Kami hitung satu pohon minimal 20 kilo, dikali 1.170 pohon. Kami berharap doa dan dukungannya untuk ekonomi yang ada di Banjarharjo,” ujar Suwandi.

Penanaman ini melibatkan warga kalurahan Banjarharjo, dengan dibantu tenaga ahli dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, melalui DPP Kalibawang. Suwandi optimis bahwa pada tahun 2026 Banjarharjo akan menjadi sentra kelengkeng terbesar di Kulon Progo. (uk/han/ts/rcd/jon/stt/rd)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: