05 Jul 2022
  Humas DIY Berita,

Amazing QRIS “Sumbu Filosofi Yogyakarta”

Yogyakarta (05/07/2022) jogjaprov.go.id – Dalam rangka edukasi Sumbu Filosofi Yogyakarta sekaligus akselerasi pembayaran non-tunai melalui QRIS (QR Code Indonesia Standart), Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY menggandeng Dinas Pariwisata DIY, GIPI DIY, Badan Promosi Pariwisata DIY dan BPD DIY menyelenggarakan kegiatan one day adventure Jelajah Sumbu Filososfi Yogyakarta dan Experiencing QRIS.

Hadir Sekda DIY, R. Kadarmanta Baskara Aji dan Gusti Kanjeng Ratu Bendara selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY pada pembukaan acara Amazing QRIS seri #3 “Sumbu Filosofi Yogyakarta” di Lapangan Patmasuri, Krapyak, Bantul, pada Selasa (05/06).

Pada sambutannya, Aji mengucapkan selamat kepada Bank Indonesia dan seluruh jajaran yang hari ini menyelenggarakan Amazing QRIS seri #3. Di mana sebelumnya telah dilaksanakan Amazing QRIS seri #1 dan seri #2. Aji menjelaskan, tentunya ini adalah upaya untuk bisa mendatangkan pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, dihubungkan dengan cara pembayaran yang lebih modern, sedikit pembayaran secara cash tetapi aliran dana di DIY semakin hari semakin banyak.

Pemerintah bersama stakeholder dan pihak terkait berhasil mempromosikan DIY sebagai tempat tujuan wisata pasca CoViD-19. Menurutnya, hal ini sangat spektakuler. Yogyakarta menjadi daerah tujuan wisata tidak hanya ramai dikunjungi pada saat musim liburan saja namun saat ini akhir pekan Yogyakarta juga ramai dikunjungi para wisatawan.

Aji berharap kepada para pelaku wisata mampu membawa wisatawan datang ke Jogja bukan hanya sekedar mampir tetapi menjadi tujuan utama mereka untuk berwisata. Dan juga kedatangan mereka  bukan untuk sekedar cuci mata tetapi menarik wisatawan untuk berbelanja. QRIS menjadi salah satu alternatif pembayaran modern saat ini.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Budiharto Setyawan berharap, implementasi kegiatan Amazing QRIS Sumbu Filosofi Yogyakarta bisa menjadi momentum dalam pembentukan travel pattern yang baru serta mendukung pariwisata DIY menuju quality tourism.

“Keunikan dari kisah atau cerita Sumbu Filosofi ini tidak akan ditemukan di daerah lainnya sehingga akan memberikan added value bagi pariwisata di DIY,” ungkapnya. Ini adalah upaya sosialisasi dan edukasi Sumbu Filosofi Yogyakarta guna meningkatkan length of stay wisatawan yang berkunjung ke DIY sekaligus akselerasi pembayaran non-tunai.

Adapun Gusti Kanjeng Ratu  Bendara berharap, Amazing QRIS Sumbu Filosofi Yogyakarta nantinya bisa menjadi salah satu brand Jogja yang unik yang tidak ada duanya, yaitu adalah sebuah Filosofi.

“Sumbu Filosofi ini tidak hanya penuh dengan makna, tapi bagaimana supporting system di sekitar Sumbu Filosofi ini bisa terus melestarikan budaya dan juga cagar budaya yang kita miliki di Jogja,” tutur Gusti Bendara.

GKR Bendara menilai, ini adalah tema yang luar biasa, Badan Promosi Pariwisata DIY bersama dengan BI dan GIPI DIY selalu berkolaborasi untuk terus mensupport pulihnya kembali pariwisata di DIY. (fk/ALH/HT)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: