01 Des 2022
  Humas DIY Berita,

Amukti Zamrud Nusantara 

Yogyakarta (01/12/22) jogjaprov.go.id – Dinas Kebudayaan DIY menggelar acara pentas seni budaya yang mengusung tema “Amukti Zamrud Nusantara”. Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi, membuka langsung  pagelaran pentas seni budaya tersebut di Monumen Serangan Umum Satu Maret, Yogyakarta, Kamis (1/12).

Dian menjelaskan makna dari Amukti Zamrud Nusantara ini sebagai bentuk ungkapan mengagungkan keindahan nusantara yang beraneka ragam, yang dilatar belakangi oleh keanekaragaman suku, budaya, bahasa, golongan, ras, dan agama, serta menganut prinsip-prinsip nilai kebersamaan yang terdapat dalam dasar Negara Pancasila.

Dian dalam sambutannya menyampaikan, pagelaran pentas seni budaya ini merupakan program khusus Dinas Kebudayaan DIY yang melibatkan seluruh Ikatan Pelajar dan Mahasiswa (IKPM) yang ada di DIY. Selain pentas seni budaya ini, Dinas Kebudayaan DIY juga mengadakan beberapa kegiatan seperti, seminar budaya, kemah budaya,  jelajah budaya, serta gelar budaya etnis. 

Pentas seni budaya ini diharapkan dapat mempererat persaudaraan antar pelajar dan mahasiswa yang ada di DIY. “Harapannya pentas seni budaya ini akan semakin memupuk persaudaraan persatuan dan kesatuan antar pelajar dan mahasiswa di DIY, serta memperkuat nilai-nilai keragaman budaya dan kearifan lokal,” ungkap Dian. 

“Pentas seni ini diharapkan dapat diapresiasi oleh seluruh masyarakat DIY, baik yang hadir secara daring maupun luring, memperkaya khazanah keragaman budaya dan seni yang ada di Yogyakarta pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya,” imbuhnya. 

Di samping itu, laporan kegiatan disampaikan oleh Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Adat, Tradisi, Lembaga Budaya, dan Seni, Dinas Kebudayaan DIY Yuliana Eni Lestari Rahayu, mengatakan kegiatan pentas seni budaya ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Selendang Sutera (Semarak Legenda Suku Se-Nusantara) yang bertujuan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar pelajar dan mahasiswa serta penguatan nilai-nilai keberagaman budaya dan kearifan lokal dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. 

Yuliana menuturkan kegiatan pagelaran pentas seni budaya ini diisi dengan penampilan perwakilan 6 provinsi  dari kejuaraan gelar budaya etnis tahun 2022 yaitu, IKPM Kepulauan Riau, IKPM Kalimantan Tengah, IKPM Jawa Barat, IKPM Gorontalo, IKPM Papua, dan IKPM Bali. 

“Kegiatan ini merupakan pegelaran kolaborasi  dengan menampilkan nusantara seni Indonesia yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa dan pelajar dari 34 provinsi, salam budaya, lestari budayaku,” jelasnya. (Il/Hk)

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: