31 Mar 2022
  Superadmin Berita,

Antisipasi Gangguan Kesehatan Pada Ramadhan 2022

Yogyakarta (31/03/2022) jogjaprov.go.id - Bulan Ramadhan tahun 2022 ini masih akan dilalui dalam suasana pandemi Covid-19 gelombang ketiga. Tidak hanya menghadapi pandemi tetapi masyarakat juga harus dihadapkan dengan kenaikkan segala macam bahan kebutuhan pokok dan kesehatan selama bulan puasa.

Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY Djarot Margiantoro, S.T.P., M.S dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan drg. Yuli Kusumastuti IP, M.Kes memberikan sebuah saran apa yang harus disiapkan masyarakat dalam mengantisipasi gangguan-gangguan kesehatan mental spiritual yang kemungkinan muncul selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan pada acara Bincang Hari ini, Rabu (30/03) di Studio Jogja TV, Jl. Wonosari, Bantul.

Mengusung tema “Sehat Jiwa Raga Hadapi Ramadhan dan Antisipasi Munculnya Gangguan Kesehatan di Masa Pandemi” Djarot Margiantoro menyatakan bahwa situasi sulit yang dihadapi merupakan hal-hal yang tidak diinginkan siapapun. Kesenjangan antara harapan dengan kenyataan itu merupakan hal yang wajar. Menurutnya, manusia pasti merasakan ketakutan, resah dan galau yang berkaitan dengan kecukupan kehidupan, kesehatan, umur dan seterusnya. Ketakutan ini memang tidak bisa dihilangkan tetapi ketakutan ini bisa menjadi manajemen untuk mendekatkan diri kepada tuhan.

Dalam situasi semacam ini Djarot Margiantoro memberi saran yang pertama jangan pernah berprasangka buruk pada Tuhan atau menyalahkan-Nya dan juga jangan menyalahkan diri sendiri kita hadapi dengan sikap tawakal yaitu percaya bahwa urusan itu di tangan Tuhan, Yang kedua berdoalah kepada Tuhan meminta rezeki tetapi juga harus diiringi dengan adanya usaha seperti bekerja atau berdagang, dan tetap menjaga sikap kita yang tidak merugikan tubuh dan mengurangi pahala puasa.

“Jangan berhenti untuk melakukan aktivitas fisik agar tidak menjadi malas-malasan dan memaksimalkan beribadah agar Ramadhan ini benar-benar menjadi sukses bagi kita dan menjadi Ramadhan yang terbaik,” ucap  Djarot.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan drg. Yuli Kusumastuti IP, M.Kes memberikan masyarakat sebuah cara agar tetap sehat dan menjaga stamina di bulan Ramadhan dalam keadaan pandemi Covid-19 dengan melakukan penerapan 6 Cerdik yakni berkala cek kesehatan, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres.

drg. Yuli Kusumastuti IP, M.Kes selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan juga memberikan cara efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama Ramadhan, “Ini saat yang paling baik di saat Ramadhan untuk mengatur pola makan kita untuk kembali kepada yang benar karena selama ini sudah agak kacau itu dengan Ramadhan kita bisa mengatur kembali asal jangan lapar mata dan balas dendam yang membuat merugikan stamina tubuh kita sendiri,” jelas Yuli Kusumastuti. (MAH)

 

Humas Pemda DIY

 

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: