25 Okt 2011
  Humas Berita,

Api Sea Games Diserahkan dan Di Kirab Menyusuri Malioboro

Api Sea Games Diserahkan dan Di Kirab Menyusuri Malioboro

 

Winarsih mantan atlit bulu tangkis Indonesia menerima Obor Sea Games dari Paku Alam IXKEPATIHAN YOGYAKARTA (24/10/2011) pemda-diy.go.id Setelah di ambil dari api abadi Merapen, Desa Manggamas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pukul 10.00 WIB Minggu (23/10) dan disemayamkan satu malam di Borobudur, Api Sea Games XXVI 2011, Senin (24/10) siang hari ini diserahkan ke Pemerintah Provinsi DIY.

Penyerahan Api Sea Games dilakukan Ketua Pelaksana Torch Relay Se Agames XXVI 2011 Rachmat Gobel kepada Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX, di Bangsal Kepatihan Yogyakarta sisi selatan, untuk selanjutnya api di bawa pelari maraton Juara I Sea Games 1995 dan 1997, Ruwiyati dan tim, di kirab menyusuri jalan Maliboro sekitar pukul 14.00 WIB. Hadir pada penyerahan Api Sea Games, Ketua KONI DIY GBPH Prabukusumo dan sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemprov DIY.

Menurut Rachmat Gobel, Api Sea Games di bawa keliling ke beberapa provinsi di Indonesia dimaksudkan untuk minta doa restu dan suport dari masyarakat agar pelaksanaan Sea Games XXVI, 11 Nopember 2011 yang akan datang berjalan lancar dan sukses.

Api Sea Games akan mengunjungi 8 provinsi, yakni Yogyakarta Provinsi DIY, Semarang Provinsi Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 26 Oktober dibawa ke pulau Komodo karena maskot Sea Games adalah Komodo. Kemudian ke Papua, Makasar, Kalmantan Timur, DKI, dan ke Palembang. Pada 11 Nopember 2011 akan dinyalakan bersamaan dengan dimulainya pesta olahraga Asean atau Sea Games, terangnya.

Ditambahkan Rachmat Gobel, provinsi yang dikunjungi oleh api Sea Games adalah provinsi yang mewakili seluruh Indonesia dan juga mewakili kepulauan dan kaya akan prestasi-prestasi atlit baik nasional maupun internasional. Selain itu juga untuk memberikan rasa hormat dan apresiasi kepada Pemda dan masyarakat.

Di Yogyakarta yang kami ketahui, banyak yang mengenal Yayuk Basuki atlit tenis berprestasi tidak hanya tingkat nasional maupun internasional, kemudian Nurhayati dan Pedro atlit balap sepeda, Minarsih atlit bulu tangkis, katanya.

Sedang dikunjunginya pulau Komodo oleh Api Sea Games, selain sebagai maskot juga juga dalam rangka ingin mempromosikan Komodo sebagai warisan budaya dunia yang harus dilestarikan, dipromosikan dan diangkat. Melalui olahraga banyak pesan-pesan ataupun nilai-nilai yang akan kami angkat, kami tunjukkan kepada masyarakat Asean khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya lanjut Rachmat Gobel.

Sementara Wagub Paku Alam IX membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, Api Sea Games hendaknya menjadi inspirasi bagi semangat yang terus berkobar, untuk menjadikan olahraga sebagai kekuatan pembangunan dan pendorong akselerasi kebangkitan olahraga di Indonesia. Disamping itu even seperti ini hendaknya dapat menggelorakan kembali gerakan nasional memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat sebagai kebutuhan hidup dasar untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugara jasmani serta mengeangkat kekayaan dan potensi keberagaman olahraga sebagai wahana mengukuhkan jatidiri bangsa.

Melalui kegiatan Sea Games, diharapkan kita memiliki peluang untuk dapat meningkatkan prestasi olahraga di tingkat regional dan internasional, kata Sultan.

Semangat berprestasi ini lanjutnya, diharapkan bisa merasuk ke segenap sendi-sendi kehidupan, sehingga mampu meningkatkan daya saing bangsa dalam merespon tantangan globalisasi yang kompetitif. Dengan berbagai makna dan harapan seperti itu, maka nilai-nilai olahraga seperti sportivitas, penempaan diri dan disiplin diri untuk berprestasi, peningkatan mutu dan daya saing, pada akhirnyadiharapkan terakumulasi dalam rangka national and character building bangsa. (rsd)

HUMAS Ro UHP DIY

Bagaimana kualitas berita ini: