10 Jul 2022
  Humas DIY Berita, Agenda Kegiatan,

ASN DIY Tampi Berkah Pareden Gunungan Besar, Wujud Sinergi Keraton dan Pemda  

Yogyakarta (10/07/2022) jogjaprov.go.id - Pemerintah Daerah DIY menerima 50 buah ubarampe gunungan dari Keraton Yogyakarta pada peringatan Iduladha, Minggu 10 Juli 2022/10 Zulhijah 1443 H/10 Besar Alip 1955. 

Serah terima dilakukan Utusan Dalem Keraton Yogyakarta KRT Widyacandra Ismayaningrat kepada Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji di Pendapa Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Hadir pula Utusan Dalem KRT Widya Atmojo dan KRT Puraprojowinoto. 

Sebagaimana pelaksanaan dua tahun sebelumnya, peringatan Iduladha tidak ditandai dengan arak-arakan gunungan dan bregada prajurit Keraton Yogyakarta karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Adapun ubarampe yang diterima di Kepatihan selanjutnya dibagikan kepada ASN yang terdiri dari Kepala Dinas OPD, Kepala Biro, hingga Kepala Bagian di lingkup Pemda DIY. 

Dalam sambutannya, Sekda DIY mengatakan bahwa pareden tersebut diharapkan dapat membawa berkah bagi keluarga besar Pemda DIY dan Kepatihan. Aji turut mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan rahmat sehingga pembagian pareden gunungan bisa dilakukan dengan baik.

Adanya penerimaan pareden ini juga menjadi pertanda yang menggambarkan kebersatuan antara Keraton Yogyakarta dengan Pemda DIY dan masyarakat. “Kami sama-sama membangun DIY untuk kemakmuran dan menyejahterakan warga DIY,” katanya. Aji juga berharap, segala berkah senantiasa tercurah bagi keluarga besar Keraton Yogyakarta dan seluruh masyarakat Yogyakarta.

Penerimaan pareden secara simbolis ini, lanjut Aji, tidak menghilangkan esensi dari Garebeg seperti sebagaimana semestinya, yakni membagikan berkah kepada masyarakat. “Yang disampaikan ke Kepatihan yang saya terima, sebetulnya diberikan ke Abdi Dalem Kaprajan, yang bekerja di sini, Kepatihan, sebagai pegawai pemerintah. Namun juga ada juga yang dibagikan ke Pura Pakualaman, sebagai simbolisasi kedekatan Keraton dengan masyarakat,” ujar Aji. 

Senada dengan Sekda DIY, Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakhsmi Pratiwi, mengungkapkan makna pembagian pareden merupakan keberkahan dari Ngarsa Dalem untuk Pemda DIY, yang notabene merupakan ASN Kaprajan. “Kalau disaksikan, semua Kepala OPD DIY wajib hadir untuk tampi berkah, tampi kamulyan yang nanti akan menjadi bekal kita dalam bekerja,” tutupnya. 

Utusan Dalem Keraton, KRT Widyacandra Ismayaningrat menambahkan bahwa selain sebagai simbolisasi berkah dari Keraton, ubarampe merupakan simbol konsistensi Keraton melaksankaan Hajad Dalem. “Namun karena adanya keterbatasan, maka pelaksanaannya seperti saat ini. Notabene kalau yang biasa dibagikan itu palawija. Mudah-mudahan tahun depan pelaksanaannya sudah kembali normal,” tutupnya. 

Adapun total pareden yang dibagikan Keraton Yogyakarta kali ini berjumlah sekitar 2.700 rengginang yang dibagikan GKR Bendara, KPH Purbodiningrat, dan KPH Yudanegara di Bangsal Srimanganti, Keraton Yogyakarta. Selain ditujukan untuk Kepatihan, pareden juga dibagikan Keraton kepada Pura Pakualaman dan perwakilan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta.

Utusan Dalem yang mengantarkan pareden di Pura Pakualaman yakni KRT Wijaya Pamungkas, KRT Sumamokusumayuda, dan MRy Yudahadiparwoto. Ubarampe selanjutnya diterima oleh perwakilan Pura Pakulaman yakni KRT Indrokusumo. [vin/ad/tf]

 

HUMAS DIY 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: