28 Nov 2011
  Humas Berita,

ASOCIO Selenggerakan Konferensi Di Yogyakarta Hingga 29 November 2011

ASOCIO Selenggerakan Konferensi Di Yogyakarta Hingga 29 November 2011

 

Yogyakarta(28/11/2011) pemda-diy.go.id. Asian-Oceanian Computing Industry Organizatin (ASOCIO) adalah kelompok Asosiasi ICT dari ekonomi dikawasan Asia Oceania setelah sukses menyelenggarakan konferensi tahunannya di Malbourn , Autralia tanggal 1 s/d 4 Desember 2010, kali ini tahun 2011 ASOCIO mengadakan pertemuannya di Yogyakarta,Indonesia tanggal 26 hingga 29 Desember 2011 yang dihadiri Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informnatika (KOMINFO) Aswin Sasongko

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Konferensi Asian-Oceanian Computing Industry Organizatin (ASOCIO) Tedi Sukardi bahwa tujuan dieslenggarakannya konferensi tahunan di Yogyakarta ini selaian untuk memfasilitasi perusahaan-perusahaan multinasional dalam memberikan dukungan pada komunitas Industry TI di Indonesia dalam bentuk produk,aksesibilitas pasar, community develomment dan knowledge transfer serta memfasilitasi proses pembelajaran dan penambahan wawasan/pengalaman bagi anggotanya ternteng perkembangan terkini dari TI serta untuk memfasilitasi terciptanya kelompok-kelompok komunitas( user group ) , marketplace, dan transaksi bisnis dalam industry TI skala nasional maupun Internasional.

Mengapa Yogyakarta dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi ASOCIO ICT SUMMIT tahun 2011 ini, karena sesuai dengan tema pertemuan ASOCIO ICT SUMMIT tahun 2011 adalah mengembangkan kemampuan Usaha Kecil Menengah ( UMMKM) dan Komunitas sosial meuju era Digital, mengingat di Yogyakarta sebagai kota pariwisata, tidak sedikit dijumpai pengrajin-pengrajin rumahan seperti batik, perhiasan perak, keramik, pengrajin olahan kulit dan makanan khas Yogyakarta yang saat ini berkembang sangat pesat, yang apabila hasil-hasil produk kerajinan tangan diaplikasikan ke dalam system komputerisasi baik dibidang produksi maupun pemasaran hasilnya,diharapkan dapat memaksimalkan nilai penjualannya baik penjualan dalam negeri maupun eksportnya ke berbagai negara. Disdamping itu juga,mengingat akan dicanangkannya Kota Yogyakarta sebagai Cyber City, semakin memperkuat dipilihnya kota Yogyakarta sebagai tempat penyelenggara acara ASOCIO ICT SUMMIT 2011.

Ketua ASOCIO Lio Kim Young dalam konferensi Persnya dengan para wartawan Yogyakarta menyatakan bahwa ASOCIO Organisasi Internasional Asia Oceania dimana anggotanya economis bukan negara , kenapa disebut ekonomis karena ada beberapa negara kita lihat sebagai negara karena untuk menghindari konflik . seperti Taipeh dan beberapa negara lainnya. Adapun kegiatannya lanjut Lio Kim Yous adalah sebagai wadah Kerjasama industri TI .

Sementara itu Dirjen Aplikasi Informatika Aswin Sasongko bahwa member dari ASOCIO ini adalah Federasi Tekhnologi Informasi Indonesia ( FTII) ini merupakan industry Aplikasi dan Kontens bukan industri seperti Telkom, Smartfren , tetapi industry yang membuat produk untuk TI ini. Seperti Animasi, kontens, Aplikasi, termasuk hardwere-hardwere dan penunjanngnya, Jadi yang menjadi anggota FTII itulah yang menjadi anggota ASOCIO tandas Aswin Sasongko.

Harapan dari dibentuknya Direktorat Informatika Kementerian Kominfo tersebut menurut Dirjen Aplikasi Informatika Aswin Sasongko adalah sederhana sekali yaitu kalau satu spece bisa berkembang diharapkan industry aplikasi Kontens, termasuk hardwere yang menunjang bisa berkembang sehingga kita sudah tidak harus mengimpor barang-barang dari luar seperti Softwere,juga kontens dari luar tetapi kita harus punya pengembangan produk lokal.

Hal ini dikemukakan mengingat pengembangan Indstry TI ini sangat perlu kita kembangkan mengingat potensi yang ada.

Konferensi ASOCIO yang berlangsung selama sepekan tersebut diikuti oleh kurang lebih 200 orang dari 22 negara diantaranya: Australia, Bangladesh, Cambodia, Hongkong, India, Indonesia, Japan, Laoas, Malaysia, Macao, Mongolia, Myanmar, Thailand dan Vietnam, Nepal,New Zeland,Pakistan,Pilippines,Singapora,Soutg Lanka, Canada, Spain, Russia,France dan Kenya.(Kar)


HUMAS Ro UHP Provinsi DIY

Bagaimana kualitas berita ini: