22 Agt 2022
  Humas DIY Berita,

ATF 2023 Akan Diselenggarakan di DIY

Yogyakarta (22/08/2022) jogjaprov.go.id – Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta. Acara yang rencananya akan berlangsung pada Januari 2023 mendatang tersebut, diharapkan juga dapat memberikan nilai tambah pada pariwisata di Indonesia, khususnya Yogyakarta.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan hal tersebut saat ditemui usai mendampingi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X beraudiensi dengan Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Ni Wayan Giri Adnyani beserta rombongan, Senin (22/08). Adapun audiensi tersebut bertempat di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

"Jadi ini tadi rombongan sowan ke Ngarsa Dalem untuk menyampaikan kula nuwun bahwa nanti di bulan Januari 2023, Indonesia akan menjadi tuan rumah ATF dan tempatnya ada di Yogyakarta,” ujar Aji.

Dikatakan Aji, Sri Sultan menyatakan bahwa Yogyakarta siap untuk menjadi tempat pelaksanaan ATF 2023 ini. Terkait dengan sarana prasarana yang diperlukan, Sri Sultan telah berkomitmen untuk memenuhi hal tersebut. Lebih lanjut, Aji mengutarakan bahwa Sri Sultan juga berharap, pelaksanaan ATF 2023 dapat berjalan dengan baik.

“Tadi tamu juga menyampaikan beberapa hal, misalnya untuk penyiapan JEC (Jogja Expo Center) menjadi lebih baik dari yang sekarang. Kemudian UMKM-UMKM yang ada di DIY supaya nanti bisa dilibatkan sehingga perlu diberikan ruang kepada mereka,” ucap Aji.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo yang ditemui usai mendampingi Sri Sultan dalam audiensi tersebut mengatakan, penyelenggaraan ATF 2023 ini merupakan kali kedua bagi Indonesia selaku tuan rumah. “Jogja ini adalah kali ke dua setelah 2002, jadi dua puluh tahun yang lalu itu menjadi tuan rumah dan sekarang kembali menjadi tuan rumah, harus dipersiapkan. Situasi yang lalu dengan yang sekarang pastinya berbeda. Sehingga tentang venue, kemudian juga materi, juga kesempatan Jogja menjadi tuan rumah ini harus dimaksimalkan dengan baik. Jadi seluruh potensi baik itu pariwisata maupun ekonomi kreatif ini perlu diangkat,” jelas Singgih.

Lebih lanjut Singgih mengatakan, peserta dari ATF 2023 sendiri meliputi, 10 negara anggota ASEAN beserta Jepang, Korea, dan China. Adapun terdapat dua agenda besar yang akan dilaksanakan di Yogyakarta, yakni pertemuan para Menteri Pariwisata para peserta ATF 2023 dan Travel Expo.

“Jadi untuk pertemuan menteri dipusatkan di salah satu hotel bintang lima. Kemudian Travel Expo dipusatkan di JEC,” tutup Singgih. (Han/Hk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: