25 Agt 2023
  Humas DIY Berita,

Baharkam Polri Adopsi Penerapan Jaga Warga

Yogyakarta (25/08/2023) jogjaprov.go.id – Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri berencana mengadopsi penerapan Jaga Warga menjadi role model bagi sistem keamanan di seluruh Indonesia. Berbagai upaya hasil sinergi dari polisi, pemerintah daerah, dan masyarakat untuk membangun rasa aman di tengah masyarakat melalui Jaga Warga ini diharapkan bisa menjadi contoh pemeliharaan Kamtibmas di berbagai daerah lain.

Kepala Biro Perencanaan dan Administrasi (Karorenmin) Baharkam Polri, Brigjen Pol Agung Julianto S.I.K., M.Si. mengungkapkan hal demikian saat ditemui usai beraudiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Jumat (25/08). Sri Sultan menerima audiensi Agung beserta jajarannya di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

“Kami audiensi dengan beliau untuk memahami kebijakan-kebijakan beliau berkaitan dengan pemeliharaan Kamtibmas di wilayah DIY. Yogyakarta punya program unggulan yang disebut Jaga Warga. Rencana kami dengan informasi dari beliau, ini akan menjadi role model bagi sistem dalam kepolisian di seluruh Indonesia, sehingga bisa menjadi contoh di berbagai tempat, bagaimana polisi dan masyarakat serta pemerintah bersinergi membangun rasa aman di tengah-tengah masyarakat,” jelas Agung.

Berkaca dari implementasi Jaga Warga, Agung mengatakan, salah satu pesan yang disampaikan Sri Sultan yakni untuk menggunakan kearifan lokal sebagai pendekatan dalam membangun dan memelihara Kamtibmas. Pun melibatkan masyarakat untuk bersama-sama bertanggung jawab tentang situasi keamanan di wilayahnya masing-masing.

“Jadi dengan wejangan-wejangan dari beliau nantinya kami akan membuat kebijakan, bagaimana kita membangun sinergi antar tiga unsur, polisi, masyarakat dan pemerintah daerah, untuk bersama-sama membuat kebijakan pemolisian sesuai dengan kearifan lokal masing-masing. Indonesia tentunya sangat beragam karakteristik masyarakatnya, geografisnya, juga demografisnya. Jogja kita harapkan mampu sebagai role model untuk kegiatan dalam kepolisian itu,” kata Agung.

Di samping itu, dikatakan Agung, Sri Sultan pun berkenan untuk memberikan berbagai wejangan terkait upaya pemeliharaan Kamtibmas secara langsung dalam rapat kerja teknis yang akan diselenggarakan Baharkam Polri pada 12 September 2023 mendatang di DIY. Rapat kerja teknis Baharkam Polri yang rencananya dihadiri oleh seluruh pejabat direktorat dari seluruh Polda tersebut akan membahas mengenai bagaimana kebijakan kepolisian ke depan, khususnya dalam menghadapi situasi keamanan menyongsong pemilu 2024. (Han/Ts/Wpt)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: