20 Jul 2018
  Humas Berita,

Bantul Perlu Inovatif Gali Potensi

Yogyakarta (20/07/2018) jogjaprov.go.id – Memperingati HUT Kabupaten Bantul ke-187, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X selaku inspektur upacara berharap Bantul tetap maju dan berkembang dengan potensi dan kearifan lokal dalam menyongsong era global.

“Upaya inovatif harus dikembangkan untuk menggali potensi yang tersimpan di bagian Selatan Bantul yang merupakan wilayah pesisir. Pemkab Bantul juga harus mencari cara guna meningkatkan rasio PAD terhadap PDRB dengan tidak meninggalkan tujuan utama pemerintah daerah dalam menyediakan layanan bagi masyarakat,” tutur Paku Alam X saat membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY pada peringatan HUT Bantul ke-187 di Lapangan Trirenggo, Bantul, Jumat (20/07).

Adanya otonomi daerah, lanjut Wagub DIY, membuat pemerintah kabupaten memiliki kewenangan memadai untuk mengembangkan program-program pembangunan yang berbasis masyarakat. Hal ini akan membuka jalan bagi terselenggaranya pemerintahan yang baik di satu pihak dan pemberdayaan ekonomi rakyat di pihak lain.

“Untuk itu, jadikan ini sebagai semangat bagi seluruh warga Bantul untuk bergerak bersama mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan serta meningkatkan daya saing dalam upaya mewujudkan Bantul yang benar-benar istimewa,” lanjut Wagub DIY.

Besarnya partisipasi masyarakat, menurut Wagub DIY, akan mempengaruhi komponen kualitas pemerintahan yang sedang berjalan. Salah satunya berkaitan dengan tuntutan dan kebutuhan publik.

“Orientasi yang seperti ini kemudian akan menjadi dasar bagi pelaksanaan peran pemerintah khususnya sebagai stimulator, fasilitator, koordinator dan entrepreneur dalam proses pembangunan,” imbuh Wagub.

Harapan besar disematkan kepada kepada Kabupaten Bantul untuk dapat melaksanakan misi otonomi daerah yang menciptakan efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya daerah, meningkatkan kualitas pelayanan umum dan kesejahteraan masyarakat.

“Dirgahayu Hari Jadi Kabupaten Bantul, harapannya tetap mengedepankan semangat gotong royong untuk membangun Bantul di dalam keharmonisan dan kesatuan masyarakat untuk asah, asih, asuh,” pungkas Wagub.

Turut hadir mendampingi GBRAy Adipati Paku Alam X, Bupati Bantul Suharsono dan Wakil Bupati Abdul Halim Muslih, pejabat Forkorpimda DIY, Forkorpimda Bantul, anggota DPRD Bantul dan pimpinan OPD Pemkab Bantul. Semarak HUT Kabupaten Bantul ke-187 turut dimeriahkan suguhan budaya dari setiap kecamatan untuk dikirab hingga simpang lima Mbejen. Tampak warga Bantul memadati ruas jalan strategis.

Diumumkan pula kejuaraan lomba Taman Kantor Kecamatan dan Desa Tahun 2018. Tingkat kecamatan, juara 1  Kecamatan Sewon, juara II Kecamatan Kretek, juara III Kecamatan Srandakan. Sedangkan tingkat desa, juara I dimenangkan Desa Simomulyo, Bambanglipuro, juara II Desa Bangunjiwo (Kasihan), dan terakhir Trirenggo (Bantul).

Tak lupa, pada kesempatan ini, Pemkab Bantul memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah bekerjasama melalui corporate social responsibility (CSR) yakni PT Coca-cola, BPD DIY, Bank Indonesia, Pertamina Rewulu, dan KSPPS BMT Artha Amanah Sanden. (Rk)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: