19 Des 2022

Bela Negara Jadi Upaya Seluruh Komponen Bangsa

Yogyakarta (19/12/2022) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menghadiri Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 DIY di Stadion Mandala Krida pada Senin (19/12). Peringatan Hari Bela Negara ini diharapkan dapat semakin meneguhkan bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa.

Hal tersebut disampaikan Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Adi Sutjipto, Marsekal Pertama TNI Azhar Aditama Djojosugito saat membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo saat bertindak selaku Inspektur Upacara. Mengangkat tema ‘Bangkit Bela Negaraku Jaya Indonesiaku’, upacara ini sekaligus menjadi momentum untuk membangkitkan semangat dan kemampuan bela negara.

“Seluruh warga negara harus memiliki semangat kesadaran dan kemampuan bela negara. Warga negara harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara,” paparnya.

Azhar Aditama menyampaikan, bela negara merupakan sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadraan, tanggung jawab, dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara,” ungkapnya.

Ditambahkan Azhar Aditama, nilai-nilai dasar bela negara inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara, baik itu di lingkungan pendidikan, pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya. Melalui amanatnya, Presiden RI juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing untuk ikut serta dalam bela negara.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran semangat serta kewajiban membela bela negara membangun bangsa dan mempertahankan kedaulatan negara kesatuan RI yang kita cintai bersama,” imbuhnya.

Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 di DIY ini dihadiri pula oleh perwakilan OPD-OPD di lingkungan Pemda DIY. (lt/Rt/rd/wa)

Humas DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: