26 Des 2022
  Humas DIY Berita,

Berperan Vital, Relawan Jadi Ujung Tombak PMI

Bantul (26/12/2022) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X sekaligus Ketua Dewan Kehormatan PMI DIY mengikuti Apel Peringatan Hari Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Tahun 2022 DIY yang berlangsung di Lapangan Paseban, Bantul, Yogyakarta pada Senin (26/12). Adapun bertindak sebagai pembina apel pada kesempatan tersebut, yakni Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Halim dalam amanatnya menyampaikan, eksistensi PMI sebagai salah satu garda terdepan dalam kegiatan kemanusiaan tentu tidak bisa dilepaskan dari peran para relawan yang menjadi ujung tombak di lapangan. Relawan PMI juga menjadi bagian yang vital dalam organisasi yang berperan penting dalam menjaga keberlangsungan organisasi.

“Relawan PMI hadir dan mewakafkan dirinya, untuk menolong dan berbuat baik demi mengangkat harkat dan martabat kemanusiaan tanpa memandang latar belakang, namun mengutamakan korban yang paling membutuhkan pertolongan segera demi keselamatan jiwa,” ujar Halim.

Diungkapkan Halim, hingga kini, PMI pun sudah banyak berkiprah. Tidak hanya berupaya untuk memenuhi ketersediaan stok darah atau penggalang bagi pendonor darah semata, PMI dan relawannya juga terjun langsung dalam berbagai aksi sosial kemasyarakatan dan juga jika terjadi bencana. Halim pun berharap, ke depannya PMI harus menjadi lebih kreatif dan inovatif serta terus meningkatkan kapasitasnya karena tantangan di masa mendatang akan semakin berat.

“PMI dengan relawannya berkontribusi penting dan selalu dibutuhkan pada setiap kejadian, peristiwa, dan bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di DIY,” ucap Halim.

Selain itu, Halim juga mengatakan, Hari Relawan PMI kali ini juga seyogianya diperingati sebagai wujud pengabdian tertinggi relawan dalam tugas kemanusiaan. Apel tersebut juga menjadi media untuk menguatkan solidaritas antar sesama relawan agar PMI semakin kompak dan maju.

“Semoga kegiatan kita pada hari ini akan mendorong para relawan untuk berkarya lebih cepat, lebih baik dalam kegiatan kemanusiaan dan pengembangan kapasitas relawan PMI. Saya menyampaikan selamat, apresiasi, dan terima kasih kepada seluruh relawan dan anggota PMI, yang selama ini telah menunjukkan dedikasi dan loyalitasnya kepada kemanusiaan, sehingga DIY menjadi wilayah yang tangguh dan tanggap bencana,” tutur Halim.

Ketua PMI DIY GBPH H. Prabukusumo yang ditemui usai apel tersebut pun mengutarakan, pengurus PMI tidak dapat melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan tanpa kehadiran para relawan. Menurut Gusti Prabukusumo, tugas yang dilakukan oleh para relawan PMI merupakan tugas yang sangat mulia.

“Karena relawan ini yang betul-betul turun ke bawah. Kami-kami sebagai pengurus ini kan hanya memberikan motivasi dan juga apresiasi kepada mereka, relawan-relawan ini. sehingga kita sangat-sangat menghormati dan menghargai relawan-relawan apalagi pada waktu kemarin pandemi, wah itu kerjanya luar biasa,” terang Gusti Prabukusumo.

Gusti Prabukusumo juga menyebutkan, tidak setiap pendaftar dapat menjadi relawan PMI. Relawan PMI ialah para profesional yang telah memenuhi spesifikasi dan spesialisasi PMI. Gusti Prabukusumo berharap, segenap keluarga besar Palang Merah Indonesia mempunyai pikiran, niat, dan hati yang mulia sehingga dalam mengabdi untuk melakukan kegiatan kemanusiaan senantiasa dapat dilakukan dengan tulus dan sungguh-sungguh.

Sementara itu, senada dengan Bupati Bantul, Ketua Bidang Anggota dan Relawan PMI DIY Haris Eko Yulianto dalam laporannya pada apel tersebut mengatakan, relawan telah banyak memberikan sumbangsih dan kiprahnya. Relawan juga telah menginspirasi kerja-kerja kemanusiaan di seluruh dunia. Oleh karenanya, dikatakan Haris, Peringatan Hari Relawan PMI Tahun 2022 ini menjadi sangat penting karena sebagai momentum untuk memberikan pengakuan dan apresiasi bagi relawan PMI.

Haris menambahkan, pada tahun 2005, Presiden Republik Indonesia telah menetapkan tanggal 26 Desember menjadi Hari Relawan PMI bertepatan dengan setahun pasca tsunami Aceh terjadi. Hal tersebut merupakan apresiasi Pemerintah RI kepada Relawan PMI yang telah mendarmabaktikan dirinya pada tugas-tugas kemanusiaan.

Ada pula, pada tahun yang sama yaitu 11 November 2005, Relawan PMI juga mendapat penghargaan "Henry Dunant Medale". Penghargaan setara Nobel tersebut dipersembahkan kepada seluruh Relawan PMI atas kontribusinya yang besar dalam penanganan bencana Gempa Tsunami di Aceh-Nias.

Adapun, seusai pelaksanaan apel Peringatan Hari Relawan PMI Tahun 2022 DIY yang diikuti oleh sekitar 1.200 relawan PMI kabupaten/kota se-DIY ini, turut dilaksanakan pula penyerahan secara simbolis Hasil Bulan Dana PMI Tahun 2022. Selain itu, pada kesempatan tersebut, ditampilkan pula kolaborasi luar biasa antara PMI, PSC, dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bantul yang menyimulasikan layanan kedaruratan kepada masyarakat saat terjadi kebakaran. (Han/Ts/Wap)

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: