14 Sep 2022
  Humas DIY Berita,

Bersama Pemda DIY, BAZNAS DIY Dorong Peningkatan Kesejahteraan Mustahik

Bantul (14/09/2022) jogjaprov.go.id – Sekda DIY R. Kadarmanta Baskara Aji, hadir mewakili Gubernur DIY pada pembukaan acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta (BAZNAS DIY) pada Rabu (14/09) di Hotel Ros-In, Bantul. Rakorda ini bertujuan untuk mendorong kesejahteraan mustahik, melalui dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat.

Pemda DIY mendukung BAZNAS baik dengan fasilitasi maupun regulasi. Hal ini disampaikan oleh Sekda DIY dalam pidatonya sambutannya. Sekda DIY mengapresiasi kiprah BAZNAS, baik BAZNAS DIY maupun BAZNAS Kabupaten/Kota atas pencapaian pengumpulan zakat, infak, dan sedekah yang meningkat terus dari periode ke periode, dari tahun ke tahun. Ini pertanda, bahwa sebetulnya kelembagaan dari BAZNAS seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta sudah cukup bagus. Aji berharap, kinerja baik ini dipertahankan sehingga semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Sedang Wakil Ketua BAZNAS RI Muhammad Mahdum mengingatkan, para pimpinan BAZNAS merupakan orang-orang pemberani, yang berani mengambil amanah. Dulu diangkat dengan melamar, kemudian diseleksi, bukan ditunjuk. Karena itu harus melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. "Kalau tidak hati-hati bisa terjerumus ke pintu neraka," katanya.

Selain itu tugas BAZNAS juga membantu pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan. Ketika menyodorkan angka penurunan kemiskinan, tidak menurut asumsi sendiri, melainkan harus dengan tolok ukur versi pemerintah.

Adapun Ketua BAZNAS DIY Dra. Hj. Puji Astuti menyebutkan, penyelenggaraan Rakorda ini merupakan implementasi hasil Resolusi Rakernas BAZNAS RI, yang diadakan pada akhir Agustus lalu. BAZNAS DIY langsung bergerak cepat untuk berkoordinasi dan melakukan konsolidasi bersama seluruh BAZNAS Kabupaten/Kota yang berada di DIY untuk menyamakan persepsi dan program unggulan, demi mendorong kesejahteraan mustahik.

"Rakorda BAZNAS DIY bertujuan untuk menciptakan koordinasi dan konsolidasi yang solid antara BAZNAS Kabupaten/Kota yang berada di DIY agar hasil Resolusi Rakernas BAZNAS RI bisa berjalan optimal dan terealisasi dengan baik," ujar Ketua BAZNAS DIY.

Ditambahkan, pihaknya bersama seluruh elemen yang terkait, menyambut baik adanya delapan program prioritas yang menjadi fokus BAZNAS pada tahun 2023 mendatang. Melalui dana zakat yang disalurkan masyarakat, tugas besar mengentaskan kemiskinan akan terus didorong BAZNAS DIY  sesuai visi BAZNAS menjadi lembaga utama menyejahterakan umat.

"Sebagaimana hasil Resolusi Rakernas, BAZNAS seluruh Indonesia bersepakat untuk bekerja keras demi memetik hasil terbaik, yang muaranya adalah kesejahteraan umat. Melalui dana zakat yang disalurkan, kami berkomitmen menjaga dan menuntun mustahik agar terus berdaya sehingga bisa bertransformasi menjadi muzaki di kemudian hari," ucapnya.

Selain itu, BAZNAS DIY diharapkan dapat memainkan perannya dalam pengelolaan zakat yang lebih profesional dan menjaga mutu amil yang kompeten, yang akan berimbas pada meningkatnya penghimpunan zakat.

“Kami terus mengupayakan sistem pengelolaan zakat yang terstruktur dengan baik, agar BAZNAS tidak hanya sekadar menjadi wadah menghimpun dana, tetapi juga mampu menyalurkan secara tepat dan optimal,” ujarnya.

Jika hal itu berjalan baik, maka tolok ukur zakat sebagai pengatur kesejahteraan, benar-benar bisa dijadikan pedoman standar. Di sinilah zakat berperan sebagai ibadah harta yang berdimensi sosial, dan memiliki posisi penting, strategis dan menentukan, baik dari sisi pelaksanaan ajaran Islam maupun dari sisi pembangunan kesejahteraan umat.

"Masyarakat juga sangat berperan besar terhadap terciptanya berbagai program BAZNAS yang unggul dan produktif. Melalui dana zakat yang disalurkan, para mustahik akan semakin berdaya sehingga bisa keluar dari zona kemiskinan," pungkasnya.

Rakorda BAZNAS DIY digelar selama 2 hari, pada Rabu-Kamis 14-15 September 2022, di Hotel Ros-In Jalan Ringroad Selatan. Rakorda yang diikuti para pimpinan Baznas DIY dan pimpinan Baznas Kabupaten/Kota se-DIY ini dibuka Wakil Ketua Baznas RI, H Muhammad Mahdum. Acara ini turut dihadiri Wakil Ketua IV BAZNAS DIY Saidah Sakwan, M.A. (Fk/Sis)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: