18 Sep 2018
  Humas Berita,

BPAD DIY Gelar Bulan Gemar Membaca

Bantul (18/09/2018) jogjaprov.go.id – Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY menggelar Bulan Gemar Membaca di Grhatama Pustaka Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY, Janti, Bantul, untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang selama ini masih tertinggal dari bangsa lain. Rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak 3 September dan diakhiri pada 19 September 2018. 

Zulfian Kurniawan SIP selaku Pustakawan  BPAD DIY dan Koordinator Pelaksana mengatakan bulan Gemar Membaca sudah dicanangkan pada tahun 2015 karena saat itu minat baca masih rendah. Gerakan Bulan Gemar Membaca didukung pula dengan penetapan 14 September 2018 sebagai Hari  Kunjung Perpustakaan.

“Dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan itu, kami berharap banyak masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan.  Perpustakaan adalah salah satu sumber bacaan untuk warga,” ucap Zulfian di Grhatama Pustaka, Selasa (18/9).

Zulfian menambahkan, berbagai rangkaian Bulan Gemar Membaca ini ditujukan untuk semua kalangan. Menurutnya, perpustakaan untuk semua golongan dan semua usia. Maka dari itu, BPAD mendesain acara ini agar bisa diikuti oleh semua rentang usia.

“Mulai dari anak TK, SD, SMP, SMA, kuliah, orang umum kita libatkan dalam acara ini, termasuk teman-teman penyandang disabilitas. Seperti di talkshow kami mengundang komunitas yang memang pesertanya kebanyakan dari difabel,” tambah Zulfian.

Zulfian berharap Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Peprustakaan menjadi program sosialisasi BPAD DIY untuk menyebarluaskan bahwa Yogyakarta memiliki perpustakaan yang bisa dikunjungi, digunakan, dan dimanfaatkan sebagai sebuah learning center dan pusat literasi masyarakat.

“Seperti yang bisa kita lihat di sini banyak sekali kegiatan, perpustakaan akan menjadi community hope, terjalin dengan komunitas-komunitas di seluruh DIY bisa berkegiatan di sini. Itu semua akan dapat memicu langkah-langkah terkait literasi dan minat baca di DIY,” pungkasnya.

Dalam acara ini diumumkan pula pemenang lomba foto kontes di Instagram, lomba resensi buku, lomba menulis ‘Layanan Perpustakaan Grhatama Pustaka menurut ekspektasimu’ dan penghargaan pengunjung tersering datang (Pemustaka of the Year). (rk)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: