16 Des 2022
  Humas DIY Berita, Agenda Kegiatan,

BPBD DIY Ingatkan Wisatawan Taat Prokes Selama Libur Akhir Tahun

Yogyakarta (16/12/2022) jogjaprov.go.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY terus berupaya mengendalikan laju penyebaran Covid-19 jelang Natal dan Tahun Baru. Salah satunya dengan membagikan sarana pelindung diri seperti masker, penyanitasi tangan, dan sabun cair.

"Kita siapkan masker sejumlah 142.375, hand sanitizer 7.560, sabun cair sebanayak 240. Ini masih bisa berkembang sesuai dengan dinamika kebutuhan," ujar Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana di Gedung DPRD DIY, Jumat (16/12) pagi.

Biwara menambahkan pembagian sarana pelindung diri ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat pentingnya menjaga protokol kesehatan. Mengingat DIY akan menjadi daerah tujuan wisata saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Ia melanjutkan, pembagian masker ini juga sekaligus bentuk tindak lanjut dari prediksi adanya tujuh juta wisatawan yang akan memadati DIY selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. "Karena itu kita ingatkan kembali, pentingnya memakai masker supaya wisatawan yang datang berbelanja, menikmati objek wisata jangan sampai membawa virus atau menularkan," ungkapnya.  

Menurut Biwara, pembagian sarana pelindung diri in tak hanya dilakukan di kawasan wisata Kota Yogyakarta saja melainkan juga di kabupaten. "Untuk hari ini kami bagi di Malioboro, Teras Malioboro, Taman Pintar, nanti kita bagikan ke destinasi lainnya juga," ucapnya.

Selain itu, Biwara juga menekankan pentingnya pemandu wisata atau agen travel untuk turut mensosialisasikan kerawanan-kerawanan destinasi wisata di Jogja. "Kita tetap pesan dan harapkan, travel agent atau tour agent yang membawa wisatawan di Yogyakarta juga menjelaskan tentang kerawanan-kerawanan destinasi. Misalnya kalau Pantai Parangtritis, ombaknya bagaimana, karakter pantainya bagaimana, dan sebagainya," ungkapnya.

Sementara, Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pembagian masker kali ini merupakan bentuk persiapan membentuk masyarakat tangguh dalam menghadapi pandemi Covid saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Kita bagikan masker ke pedagang, pelaku wisata, termasuk kepada wisatawan yang masuk Yogyakarta. Kita nanti ke Malioboro untuk membagikan ini secara simbolik," katanya. Dia berharap aksi serupa juga dilakukan OPD lain di DIY untuk menekan laju penyebaran Covid-19 pada saat libur akhir tahun.  

"Tempat wisata seperti Malioboro harus dipastikan juga wastafelnya sabunnya ada. Termasuk di terminal dan juga berbagai fasilitas umum yang lain. Untuk mencegah penularan Covid selain membagikan masker dan lainnya menurut dia dalam waktu dekat juga akan dilakukan vaksinasi yang menyasar pelajar.

"Adapun prioritas vaksin di bulan Desember ini menyasar remaja mengingat dosis ketiga yang diterima remaja baru di angka 9,85 persen,” tutupnya. [vin/aar/tf]

HUMAS DIY  


 

Bagaimana kualitas berita ini: