06 Agt 2024

BPKP DIY Kolaborasikan Program Reformasi Kalurahan

Yogyakarta (06/08/2024) jogjaprov.go.id - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY menyerahkan laporan evaluasi hasil kinerja program-program yang dijalankan oleh Pemda DIY. Selain menyerahkan laporan ini langsung kepada Gubernur DIY, Kepala BPKP DIY, Setya Nugraha juga mengungkapkan keinginan kolaborasi program BPKP DIY dengan Pemda DIY.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono pada Selasa (06/08) usai mendampingi Gubernur DIY pada pertemuan dengan BPKP DIY di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Beny mengatakan, evaluasi hasil kinerja ini terfokus pada program-program yang menjadi fokus konsentrasi dari BPKP DIY.

“BPKP DIY menyatakan ingin membantu bagaimana agar tata kelola pemerintahan di kelurahan itu akan lebih baik lagi. Saya kira rencana ini menarik karena Ngarsa Dalem juga ingin reformasi kalurahan tidak hanya simbol teorisasi, tapi secara fakta terimplementasi di lapangan,” imbuhnya.

Menurut Beny, program-program yang dijalankan akan lebih tepat sasaran jika berdasarkan pengalaman di lapangan. Kolaborasi dengan BPKP DIY ini nantinya dapat menjadi role model agar program-program reformasi kalurahan yang dijalankan bisa mendatangkan manfaat nyata bagi masyarakat.

“BPKP DIY berencana melakukan pendampingan di kalurahan, bagaimana mengelola keuangan, membuat laporan keuangan, bagaimana memasarkan produk yang dihasilkan dari kegiatan masyarakat misalnya. Tentunya kolaborasi yang dilakukan nantinya harus kongkret, sehingga segera dapat memberi manfaat untuk masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPKP DIY, Setya Nugraha mengatakan, sebagai internal editor pemerintah, BPKP DIY menyerahkan laporan evaluasi hasil kinerja Pemda DIY untuk semester satu tahun 2024 ini. Dalam laporan ini memuat juga soal rekomendasi-rekomendasi perbaikan yang diberikan BPKP DIY.

“Rekomendasi juga kami berikan agar pengelolaan dan reformasi birokrasi di Pemda DIY, yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. Rekomendasi yang kami berikan, misalnya terkait dengan reformasi kalurahan. Terkait hal ini, ada beberapa program yang juga bisa kami lakukan misalnya membekali para punggawa di kelurahan dengan ilmu agar lebih kompeten,” jelasnya.

Menurut Setya, dengan keberhasilan kelurahan meraih kesuksesan, maka akan memberikan trigger effect kepada yang lain. Dengan begitu kesejahteraan masyarakat secara umum dapat terwujud dengan baik. (Rt/Ts/Jon)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: