18 Agt 2022
  Humas DIY Berita,

Citra Harmoni Kebhinekaan, Menuju Tatanan Indonesia Maju Gemilang

Yogyakarta (17/08/2022) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, menghadiri malam resepsi Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan di Bangsal, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu malam (17/08). Turut hadir dalam acara resepsi Ketua DPRD DIY, Anggota Forkopimda, Sekda DIY, jajaran Kepala OPD DIY, perwakilan Paskibraka beserta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini Sri Paduka membacakan sambutan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sri Paduka menyampaikan, agar Peringatan Proklamasi ke-77 dapat dijadikan momentum menapaki era baru kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih arif dan bermartabat.  Dalam pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo, 16 Agustus 2022 di hadapan sidang Paripurna DPR RI, Presiden telah berpesan agar tetap Eling lan Waspodo.

Adapun dalam konteks Peringatan di DIY, Gubernur menekankan bahwa peringatan tahun 2022 ini merupakan gambaran Indonesia sebagai Citra Harmoni Kebhinekaan karena keberagaman inilah yang membawa energi positif bagi kemajuan bangsa. Bila dimaknai secara mendalam, menerima keberagaman sebetulnya adalah refleksi  dari nilai Eling lan waspodo.

Eling bahwa kita memang dituntut untuk menghargai perbedaan dalam perdamaian, dan Waspodo terhadap berbagai ancaman disintegrasi bangsa akibat faktor internal maupun eksternal,” ungkapnya. Sedangkan secara khusus kaitannya dengan tema ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’, menyiratkan makna bahwa kerja yang telah dilakukan selama 77 tahun ini harus tetap ditingkatkan sebagai kerja bersama anak bangsa, lintas agama, lintas etnik, dan lintas golongan.

Selanjutnya Wakil Gubernur DIY mengajak seluruh anak bangsa yang hadir di Bangsal atau yang ada di manapun untuk kembali pada persatuan Indonesia, tanpa membeda-bedakan asal-usul suku, agama, dan golongan. Dengan demikian Indonesia bukanlah hanya sekedar nama-nama atau gambar deretan pulau-pulau di peta dunia. Tetapi sebuah kekuatan dahsyat yang disegani oleh bangsa-bangsa lain dengan penuh hormat, selayaknya tatanan Indonesia maju yang gemilang.

“Dengan perspektif seperti itulah, hendaknya kita rayakan peringatan ini, selain dengan penuh khidmat, juga harus diikuti dengan ‘kerja bersama’ membangun Etos Unggul Budaya di semua jenjang Pemerintahan dan lini kehidupan,” tutur Sri Paduka di akhir sambutannya.

Pada kesempatan selanjutnya, Wakil Gubernur DIY melakukan pemotongan tumpeng dan diberikan kepada Perwakilan Generasi Muda dalam hal ini Anggota Paskibraka DIY kandidat Paskibraka Tingkat Nasional yaitu Gigih Adhiyodha asal SMA Negeri 1 Sewon, Bantul dan Akna Mumtaza asal SMA Negeri 3 Yogyakarta. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan penampilan kesenian tari berjudul ‘Kidung Dewi Sri’ oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Yogyakarta di bawah pimpinan Drs. Ardani, M.Pd. (Fk/Dw/Hr)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: