03 Mar 2023
  Humas DIY Berita,

Contohkan Sikap Cinta Tanah Air, Hujan Tidak Membuat Sri Sultan Sudahi Upacara HPKN

Yogyakarta (03/03/2023) jogjaprov.go.id - Beredar potongan video Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berdiri di bawah hujan pada upacara Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN), Rabu (01/03) di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Sri Sultan tampak tidak beranjak dari tempatnya berdiri memimpin jalannya upacara.

Sri Sultan yang bertindak sebagai inspektur upacara seolah tidak terganggu dengan hujan yang terus turun sejak dirinya memasuki lapangan dan memimpin jalannya upacara Bahkan dirinya tetap memberikan penghormatan pada bendera merah putih meskipun diguyur hujan tanpa menggunakan payung.

Koordinator Substansi Bagian Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji membenarkan hal tersebut. Menurutnya, saat itu Sri Sultan memang tetap meneruskan upacara meskipun hujan tidak berhenti. Podium tempatnya berdiri memimpin upacara tidak dilindungi oleh tenda maupun payung. Namun, hal ini ternyata hal ini seolah tidak membuat Sri Sultan terganggu.

“Kita sudah menyiapkan payung untuk antisipasi jika beliau (Sri Sultan) ngersaaken. Tapi ternyata beliau tidak kersa dan tetap berdiri di depan hingga upacara selesai,” ujar Ditya pada Jumat (03/03) di Baleworo, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Ditya mengatakan, seringkali Sri Sultan memang menginstruksikan sesuatu tidak dengan lisan, tapi dengan mencontohkan. Ditya menafsirkan, Sri Sultan tidak beranjak dari hujan saat upacara seolah menginstruksikan agar generasi muda memiliki tekad kuat, tidak mudah menyerah dan gigih dalam mencintai NKRI.

“Sesuai dengan wejangan beliau yang mengatakan HPKN adalah refleksi bersatunya elemen bangsa dalam melawan tirani penjajahan. Refleksi semangat rakyat, yang senantiasa menunjukkan keberanian dan ketangguhan. Beliau mencontohkan hal itu salah satunya dengan sikap seperti kemarin,” urai Ditya. (uk)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: