18 Feb 2012
  Humas Berita,

Deputi Gubernur BI Resmikan Gedung Cagar Budaya BI

Deputi Gubernur BI Resmikan Gedung Cagar Budaya BI

YOGYAKARTA (17/02/2012) pemda-diy.go.id Gedung Cagar Budaya (Eks De Javasche BankIndonesia) Yogyakarta diresmikan penggunaannya oleh Deputi Gubernur BI Ardayanto Mitro Admojo, di depan kantor BIYogyakartasekaligus dilakukan penandatanganan prasasti oleh Gubernur DIY Hamengku Buwono X sebagai tanda dibukanya Perpustakaan Digital BI Yogyakarta, Kamis (17/02).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ganjar Pranowo, Wakil Ketua Komisi Yudisial Iman Ansari Soleh, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Prov. DIY dan beberapa mantan Dewan Gubernur BI.

Dalam laporannya Direktur BI Yogyakarta Dewi Styowati melaporkan bahwa pembangunan Cagar budaya dilakukan melalui kerjasama dengan UGM. Rangkaian kegiatan peresmian disertai dengan Pameran Lukisan dan Foto Erupsi Merapi bertempat di gedung Heritage serta pertunjukan wayang kulit di depan Gedung BI Yogyakarta Jumat (17/02).

Deputi Gubernur BI Ardayanto Mitro Admojo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa renovasi bangunan gedung neo klasik heritage adalah merupakan bagian dari rencana pembangunan pelestarian 12 gedung heritage yang digunakan oleh BI yang ada di seluruhIndonesia. Dimana BI sampai saat ini telah mengkonservasi gedung heritage yang ke 4 di Yogyakarta ini dan akan dilanjutkan lainnya.

Renovasi warisan peninggalan sejarah ini dilakukan dengan prinsip konservasi dengan mengupayakan keasliannya atau dengan penggantian material pengganti dengan mendekati keasliannya. Dengan akses perpustakaan, ruang diskusi dan ruang pameran.

Sementara itu Gubernur DIY, Hamengku Buwono X dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan Ciber Library diharapkan akan sangat tepat bila dapat di on linekandengan perpustakaan Pemda DIY serta perpustakaan kampus. Museum ini sebagai heritage untuk dapat dilengkapi dengan buku-buku sejarah BI yang dapat dibeli langsung oleh masyarakat dan tidak hanya booklet. (ali/rsd)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: