Pemerintah Jamin Prinsip Kemerdekaan Pers

11 Februari 2019

Surabaya (09/02/2019) jogjaprov.go.id - Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019, Presiden RI Joko Widodo menegaskan pemerintah menjamin prinsip kemerdekaan pers. Hal itu diungkapkan Jokowi di Convention Hall Grand City Surabaya pada Sabtu (09/02).

Seperti yang dilansir dari website resmi Sekretariat Kabinet, Jokowi mengajak pers untuk terus meneguhkan jati dirinya sebagai sumber informasi yang akurat bagi masyarakat. Selain itu, pers Indonesia juga harus meneguhkan jati dirinya dalam mengedukasi masyarakat, serta untuk tetap melakukan kontrol sosial.

Presiden juga mengingatkan, dalam membangun well informed society, hendaknya jangan terburu-buru dianggap sebagai sebuah kampanye atau pencitraan. “Itu adalah bagian dari upaya untuk membentuk masyarakat yang sadar informasi,” tegas Presiden.

Mengangkat tema ‘Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital’, pada peringatan kali ini, Presiden RI juga mengungkapkan, dengan perkembangan internet yang begitu pesat pada akhir-akhir ini, media pers tetap lebih unggul dibandingkan dengan media sosial. Selain itu, tingkat kepercayaan masyarakat tentang berita-berita yang bergulir saat ini masih didominasi pada media pers.

Selain dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, peringatan HPN 2019 ini juga dihadiri Menkominfo Rudiantara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menhub Budi K. Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya. Hadir pula Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Ketua DPD RI Oesman Sapta, dan Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf , Duta Besar Negara sahabat, serta insan Pers Nasional.

Pada acara tersebut, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) KGPAA Paku Alam X hadir mewakili Gubernur DIY untuk menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah peduli olahraga. (Ht)

HUMAS DIY