Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 59399 suara dari 75625 suara
79%
Tidak: 16226 suara dari 75625 suara
21%

Bahas Pengembangan Infrastruktur, Gubernur DIY Hadiri Rakorpusda

Jakarta (18/03/2019) jogjaprov.go.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, menghadiri Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia (Rakorpusda) pada Senin (18/3) di Jakarta. Rapat bertema “Strategi Akselerasi Pencapaian Target Devisa Pariwisata” ini diinisiasi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman bersama Gubernur Bank Indonesia.

Turut hadir bersama Sri Sultan HB X yakni Menteri Pariwisata, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Kepala Badan Pusat Statistik, pejabat kementerian/lembaga terkait, serta sejumlah kepala daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dari daerah destinasi pariwisata. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Rakorpusda yang diselenggarakan di Yogyakarta pada 29 Agustus 2018. Hal ini merupakan perwujudan komitmen bersama antara Pemerintah dengan Bank Indonesia dalam mendorong pengembangan pariwisata, terutama terkait upaya meningkatkan penerimaan devisa pariwisata.

Salah satu butir pembahasan penting pada rapat tersebut adalah mempercepat penyelesaian beberapa proyek infrastruktur. Termasuk rencana beroperasinya Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta beserta segala akses pendukungnya. Bandara baru tersebut direncanakan mulai beroperasi pada bulan April 2019. Percepatan penyelesaian proyek infrastruktur ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Yogyakarta.

Di samping itu, terdapat lima pembahasan lain yang turut dirumuskan yaitu pengembangan atraksi wisata, peningkatan kualitas amenitas di daerah wisata, penguatan promosi pariwisata nasional, peningkatan investasi untuk pengembangan destinasi wisata, serta penyusunan standar prosedur manajemen kriris kepariwisataan. [*/vin]