Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 102 suara dari 123 suara
83%
Tidak: 21 suara dari 123 suara
17%

LLDIKTI DIY Pastikan Semua PTS DIY Terakreditasi

16 Mei 2019

Yogyakarta (16/05/2019) jogjaprov.go.id – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) memastikan bahwa saat ini di DIY tidak terdapat PTS yang tidak memiliki akreditasi. Setidaknya sejumlah 75 persen PTS di DIY dari total jumlah 103 PTS telah mengantongi akreditasi A dan B, sedangkan sisanya terakreditasi C.

Kepala LLDikti Wilayah V periode 2014-2018, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES. DEA. menyampaikan hal tersebut usai menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kamis (16/05) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta guna berpamitan terkait dengan selesainya ketugasan Bambang di LLDikti Wilayah V. Dalam kesempatan tersebut hadir juga Kepala LLDikti Wilayah V Periode 2019-2023 Prof. Dr. Didi Achjari, S.E, M.Com, Akt. untuk memperkenalkan diri serta meminta arahan kepada Gubernur DIY terkait dengan ketugasan di LLDikti Wilayah V.

Menurut Bambang, saat ini jumlah perguruan tinggi yang turun bukan menjadi masalah. Jumlah tersebut turun karena pihak LLDikti Wilayah V sengaja menutup PTS yang memang dinilai tidak layak beroperasi. Menurutnya hal tersebut justru lebih baik daripada masyarakat salah pilih PTS sehingga nantinya akan menyulitkan.

“Saat ini yang di anggap penting bukan lah jumlah PTS atau PTNnya, namun program studinya. Sekarang hanya 103 PTS, tapi prodinya  meningkat menjadi 600 sekian dari yanga awalnya cuma 400. Ini yang menarik minat mahasiswa luar DIY menuntut ilmu kesini,” jelas  Bambang.

Selain itu, total 103 PTS yang telah terakreditasi tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa. Oleh karena itu, Bambang menegaskan PTS untuk bersiap-siap memenuhi target akreditasi yang baru sehingga kualitas PTS di DIY makin meningkat.

Senada dengan Bambang, Didi juga menyampaikan bahwa akreditasi memang sangat penting dan harus dimiliki oleh semua perguruan tinggi di DIY. Tak dipungkiri, jumlah mahasiswa yang datang ke DIY memang sangat mempengaruhi geliat berbagai sektor terutama perekonomian. Meskipun akan ada banyak tantangan yang dihadapi mengingat mereka yang datang dari seluruh penjuru Indonesia. Perguruan tinggi di DIY diharapkan mampu mencetak generasi yang unggul dan mampu memberikan manfaat ketika mereka kembali ke daerah asal.

“Pak Bambang telah berjuang membangun itu semua sehingga dapat dikatakan jalan untuk mewujudkan PTS dan PTN berkualitas akan lebih mudah,” ujar Didi.

Ditanya lebih lanjut mengenai arahan dari Gubernur DIY, Didi menyampaikan bahwa dirinya harus mampu mendorong kualitas pendidikan di DIY untuk lebih baik lagi. Dengan begitu, Gubernur DIY berharap PTS dan PTN tersebut mampu berkontribusi nyata pada DIY.

“Pada intinya beliau ingin PTN dan PTS bisa ikut mengurai permasalahan-permasalahan yang ada di DIY, dengan begitu kontribusi bagi DIY selalu ada,” tutup Didi. (Uk)

Humas Pemda DIY