Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 364 suara dari 405 suara
90%
Tidak: 41 suara dari 405 suara
10%

Ombudsman RI Bahas Rencana Regulasi Kebencanaan

11 Juli 2019 - 00:00

Yogyakarta (11/07/2019) jogjaprov.go.id - Penanganan bencana secara tepat dan cepat menjadi kunci keberhasilan pemulihan situasi. Hal inilah yang menjadi pokok pembahasan dalam kunjungan rombongan Lembaga Ombudsman RI yang dipimpin oleh Andi Anas Chaerul di Pemda DIY. Adapun rombongan diterima oleh Kepala Dinas Sosial DIY Drs. Untung Sukaryadi, MM di Ruang Gandok Kiwo, Kantor Sekda DIY, Kamis (11/07) siang. Turut hadir bersama Untung, Kepala Pelaksana BPBD DIY Biworo Yuswantono.  

Dalam pertemuan tersebut, Andi menuturkan bahwa pihaknya berupaya untuk dapat memahami langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemda DIY dalam penanggulangan bencana gempa bumi tahun 2016 dan erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Menurutnya, langkah dan penanggulangan bencana yang dilakukan oleh Pemda DIY dapat dijadikan acuan penanggulangan bencana di wilayah lainnya. “Sekiranya harus segera dibuat regulasi kebencanaan dimana kita bisa belajar dari apa yang dilakukan oleh Jogja,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Biworo menjelaskan bahwa pihaknya akan terbuka untuk berbagi terkait hal tersebut. Termasuk juga bagaimana penanganan bencana di Jogja saat sebelum dan sudah keberadaan BPBD. Tak hanya itu, penanganan bencana juga harus dipahami tak hanya oleh institusi terkait saja, namun juga dipahami secara mandiri. “Kami berharap di masa yang akan datang, masyarakat sudah lebih teredukasi dan mengerti langkah penanganan atau antisipasi bencana secara mandiri,” ujarnya.

Di samping itu, langkah antisipasi bencana ini juga harus dipahami oleh semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali. Biworo menuturkan bahwa saat ini juga telah ada program Difagama atau difabel siaga bencana. Hal tersebut juga seyogyanya turut diimbangi dengan penambagan jumlah relawan-relawan terdidik yang dapat membantu sosialisasi kebencanaan. [vin]

 

Humas Pemda DIY