Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 364 suara dari 405 suara
90%
Tidak: 41 suara dari 405 suara
10%

TIK untuk Membangun Sinergi Menuju Masyarakat Sadar Informasi

12 Juli 2019 - 00:00

Yogyakarta (12/07/2019) Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menyelenggarakan Koordinasi Pengelola TIK Pemda DIY pada hari Jum'at tanggal 12 Juli 2019 bertempat di Aula Diskominfo DIY. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Aptika, Drs. Bayu Februarino Putro yang mewakili Kepala Diskominfo DIY yang sedang melaksanakan tugas dinas. Bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Seksi Layanan Penyediaan Informasi Publik Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Drs. Junaidin, dengan moderator Agnes Dwi Astuti K, ST., Kepala Seksi Aplikasi Layanan Internal Pemerintah.

Koordinasi pengelola TIK kali ini mencoba membahas keterkaitan antara pengelolaan informasi dengan pembaerdayaan masyarakat dengan memanfaatkanTIK. Tema pertemuan pada kesempatan ini adalah "Membangun sinergi menuju masyarakat sadar informasi". Sebelum menyampaikan paparannya, Drs. Junaidin menjelaskan terkait ketugasan bidang IKP, yaitu terkait pengelolaan informasi publik (PPID), pengelolaan saluran pengaduan masyarakat (E-Lapor) dan fasilitasi lembaga Komisi Informasi Daerah (KID DIY). Narasumber kemudian menjelaskan bahwa pemanfaatan teknologi infomasi akan menjadi alat bantu yang sangat baik dalam mendukung kehidupan sehari-hari. Dalam birokrasi pemerintahan, TIK sangat berperan dalam meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan pengurangan biaya. Optimalisasi pemanfaatan TIK di pemda DIY antar lain bertujuan untuk:
- Memacu industri kreatif;
- Meningkatkan pelayanan internal pemerintah daerah;
- Meningkatkan pelayanan publik;
- Mendukung terciptanya kententeraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat;
- Mendukung upaya penenggulangan bencana;
- Integrasi sumber daya TIK;
- Membentuk jaringan TIK;
- Mewujudkan pemerintahan berbasis data yang terintegrasi dan kolaboratif antar wilayah.

Selanjutnya narasumber juga mengingatkan agar pemanfaatan TIK harus dibarengi dengan kecerdasan emosional dan berlandaskan norma-norma yang berlaku. Pemanfaatan TIK yang tidak terkontrol akan menimbulkan efek negatif seperti HOAX, penipuan, perjudian online, persebaran ransomeware dan sebagainya. Kesimpulannya bahwa pemanfaatan TIK bisa menjadi dua mata pisau, bisa bermanfaat dan bisa melukai diri sendiri dan orang lain. Terkait dengan ketugasan bidang IKP, narasumber mempersilahkan kepada tim pengelola TIK Pemda DIY untuk berkoordinasi apabila ada kegiatan yang bisa dikerjasamakan. Kegiatan koordinasi selanjutnya diisi dengan tanya jawab dan diskusi.