Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 8680 suara dari 9237 suara
94%
Tidak: 557 suara dari 9237 suara
6%

Pemda DIY Hadiri Standing Committee Meeting EATOF di Vietnam

29 Agustus 2019 - 17:25

Vietnam (29/08/2019) - Pemerintah Daerah DIY mengikuti Standing Committee Meeting East Asia Tourism Regional Forum (EATOF) yang ke-19 di Quang Nink, Vietnam pada  27-29 Agustus 2019.
Standing Committee Meeting ini turut dihadiri Sekretaris Jenderal EATOF Mr. Il Sub Jeong dan 7 Provinsi anggota EATOF yakni DIY (Indonesia), Gangwon (Korea), Tottory (Jepang), Luang Prabang (Laos), Siem Riep (Kamboja), Ji Ling (China), Serawak (Malaysia), serta para ahli dari UNWTO. Tercatat satu anggota  tidak dapat mengikuti Standing Committee Meeting, yakni Provinsi Cebu (Filipina) dikarenakan baru saja melaksanakan pemilihan gubernur.


Pada kesempatan ini dari Pemda DIY mengikutsertakan dari unsur pemerintah pemerintah yaitu Dinas Pariwisata DIY, para akademisi, Travel Agency dan Pengelola Obyek Wisata Giriloyo. Adapun agenda yang dibahas dalam pertemuan ini adalah "Operational Report dan Joint Project' serta kesekretariatan dalam EATOF dengan mengangkat tema Green Tourism yang terbagi menjadi dua sesi.
Sesi pertama adalah presentasi oleh 3 Keynote Speakers:
- Mr. Rolando Caxinal, Exceutive Director of Ghe Tourism Knowledge Center of Rajah Travel (UNWTO Consultant)
- Mr. Namjo Kim, Profesor of Han Yang University, Former Chairman of The Tourism Science Society of Korea (TOSOK)
- Mrs. Ike Janita Dewi (Sanata Dharma University) perwakilan Yogyakarta 
Ketiga keynote speakers mempresentasikan langkah pengembangan wilayah Green Tourism yang sesuai kriteria dari UNWTO. Ike Janita Dewi menyampaikan Case Study yang sudah dilakukan dengan mengujicobakan tiga desa wisata di DiY sebagai Green Tourism. Namun demikian, masih terdapat beberapa catatan sehingga harus disempurnakan. Selanjutnya pada sesi kedua dibahas mengenai hal dan agenda yang merupakan bahan dasar pembahasan pada General Assembly Meeting tahun 2020 di provinsi yang sama.


Mengenai hal keanggotaan, kesekretariatan, administrasi, pengembangan kerjasama EATOF yang telah Go International, akan mengikuti memberance pada UNWTO. Selain itu, akan dijalankan pula prinsip together promotion oleh semua anggota dengan menetapkan GOGO Slogan sebagai Branding Provinsi anggota EATOF, misalnya GOGO Gangwon, GOGO Jia Ling dan sebagainya. 


Serta menyusun kesepakatan kesepakatan yang nantinya akan dibahas dalam GA meeting yang mana tujuannya untuk meningkatkan pariwisata semua anggota EATOF melalui kerjasama ini.
Pada peretemuan ini, para peserta juga diberi kesempatan untuk mengunjungi bberapa destinasi sebagai program pengembangan heritage yaitu Yen Tu Landscape Complex dimana sekitar wilayah tersebut dikembangkan dengan konsep baru guna memenuhi kebutuhan pengunjung di destinasi tersebut.