Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 8680 suara dari 9237 suara
94%
Tidak: 557 suara dari 9237 suara
6%

Pemda DIY Raih Dua Penghargaan pada Anugerah Humas Indonesia 2019

31 Agustus 2019 - 10:35

Tangerang (30/08/2019) jogjaprov.go.id – Pemerintah Daerah DIY berhasil meraih dua penghargaan Anugrah Humas Indonesia (AHI) 2019 yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia. Dua penghargaan tersebut adalah sebagai gold winner untuk kategori City Branding dan silver winner untuk kategori Website Pelayanan Terinovatif (jogjaprov.go.id).

 

PePenghargaan tersebut diterima oleh Kepala Biro UHP Setda DIY Drs. Imam Pratanadi, M.T yang mewakili Gubernur DIY Sri Sultan Hamnegku Buwono X, pada acara puncak perhelatan setelah penjurian pada 13-15 Agustus 2019, Jumat (30/08) di Balikota Tangerang, Tangerang, Jawa Barat.

Penghargaan kategori City Branding diserahkan oleh CEO Humas Indonesia, Asmoro Wikan. Sementara penghargaan kategori Website Pelayanan Terinovatif diserahkan oleh anggota dewan juri AHI 2019, Mario Wongsonagoro.  Hadir pula dalam acara yang mengusung “Sinergi Membangun Reputasi” tersebut, Walikota Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah dan praktisi-praktisi humas dari berbagai daerah di Indonesia.

Proses pemberian penghargaan ini diperoleh melaui seleksi dan penilaian dewan juri yang merupakan praktisi humas yang berasal dari berbagai institusi. Salah satu aspek penilaian adalah melalui pengamatan aktivitas dari 200 media online.

Pesan akhir dari malam penghargaan tersebut adalah harapan bahwa Humas tidak lagi menjadi sekadar kanca wingking yang bertugas sekadar mendokumentasikan peristiwa, tetapi menjadi think tank bagi organisasi dan menjadi agregator dalam menjalankan agenda kerjanya dan membangun kinerja komunilkasi bagi insitusi untuk mengkreasi reputasi organisasi.

Seperti diketahui, AHI 2019 adalah Ajang kompetisi kinerja Humas Pemerintah (Government Public Relations/GPR) di Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD se-Indonesia. Penghargaan tersebut merupakan barometer pencapaian tertinggi kinerja Departemen/Biro/Bagian Humas/Dinas Kominfo sepanjang tahun.

Kehadiran kompetisi ini diharapkan dapat mendorong terciptanya humas yang strategis dan kontributif bagi reputasi positif segenap institusi publik dan perusahaan milik negara/daerah.

Imam menyampaikan, dua kategori yang diikuti oleh Humas Pemda DIY tentunya melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah tujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja kehumasan Humas Pemda DIY dapat memberikan manfaat bagi semua pihak. Melalui Website jogjaprov.go.id, Humas Pemda DIY berusaha menyajikan informasi yang paling update dan paling lengkap serta paling dapat dipertanggung jawabkan untuk masyarakat.

 

Melalui kompetisi ini, Humas Pemda DIY ingin mengetahui bagaimana penilaian obyektif dari pihak yang berkompeten terkait kualitas dan optimalisasi website Humas Pemda DIY. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi pengelolaan official web terkait implementasi city branding DIY.

"Pencapaian ini dapat menjadi ukuran bahwa Humas Pemda DIY sudah on the right track dan siap untuk mengembangkan inovasi-inovasi berikutnya. Meskipun begitu, penghargaan sesngguhnya bukanlah tujuan utama. Anugerah ini akan menjadi cambuk agar bisa terus meningkatkan prestasi dan kinerja di lingkungan Pemda DIY. Apabila apa yang telah dicapai oleh Humas Pemda DIY ini bisa menjadi pendorong bagi Humas lain kearah yang lebih baik lagi, tentu hal ini membuat Humas Pemda DIY sangat bersyukur," ujar Imam.

Selanjutnya, Imam berharap AHI bisa terus diselenggarakan dengan lebih baik. Imam juga berharap AHI nantinya bisa memberikan kriteria yang lebih spesifik, sehingga lebih terlihat kinerja humas yang mengikuti kompetisi.

"Kami mengapresiasi proses penjurian yang dilakukan secara mandiri oleh para pakar. Dengan begitu kami harap AHI bisa tetap objektif," tutup Imam. (mr)

Humas Pemda DIY